STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI ORGANIK PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) MANDIRI SEJAHTERA NGRANCAH GRABAG KABUPATEN MAGELANG

Afionita Rizki Pratiwi, Dwi Aulia Puspitaningrum, Indah Widowati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di usaha kopi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Sejahtera di Desa Ngrancah Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. KUB Mandiri Sejahtera di dalam usahanya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dapat digunakan untuk merumuskan sebuah strategi untuk mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis strategi pengembangan usaha di KUB Mandiri Sejahtera. Metode penelitian dengan metode deskriptif, metode pelaksanaan studi kasus yaitu kopi ngrancah merupakan satu-satunya kopi organik di Kecamatan Grabag, metode pengambilan responden metode purposive sampling dengan mengambil 8 orang dari pihak KUB Mandiri Sejahtera, jenis data adalah data primer dan data sekunder, sumber data primer yaitu hasil wawancara, sumber data skunder yaitu studi pustaka serta metode pengambilan data wawancara , observasi, dan pencatatan . Teknik analisis data secara EFI (Evaluasi Faktor Internal), EFE (Evaluasi Faktor Eksternal), matriks IE (Internal Eksternal), SWOT (strength, weakneses,opportuniti,threat) , dengan alat analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian Strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan adalah melakukan pengembangan pasar dengan memperluas wilayah penjualan produk kopi KUB Mandiri Sejahtera. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pada sistem manajemen dan juga lebih meningkatkan penjualan dengan menggunakan media sosial dan juga e-commerce

 

Kata kunci  : Kopi,  Strategi , SWOT, QSPM


Full Text:

PDF

References


Afridal, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalangka Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian. 1 (3) : 223 - 233

Alyas, Rakib Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Sosiohumaniora. Vol 19 No. 2 : 114-120.

Ariani, Nur Utomo Muhammad. 2017. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol 13 No. 2 : 99 - 118.

David, Freed R. 2002. Manajemen Strategis: konsep alih bahasa Alexander Sindoro. Jakarta : Prenhallindo

Effendi Usman, Astuti Retno, Melati Diana Candra. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) di Kampung Coklat, Blitar. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Vol 6 No. 1 : 31-40.

Juwono, Onny. 2011. Analisis Manajemen Strategi Perusahaan Waralaba. Penelitian Fakultas Ekonomi. Universitas Budiluhur

Lainnatussifa, Muhib Acep, Soeyatno Rahmah Faradita. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Cake Buah Naga Sebagai Ikon Oleh-Oleh Asli Batam. Jurnal Agribisnis. Vol 12 No. 1 : 32-41.

Mahfud Tuatul, Mulyani Yogiana. 2017. Aplikasi Metode QSPM(Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga). Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. Vol 1 No. 1. : 66-76

Nazir, Moh. 1983. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta

Pertiwi. 2018. Kopi Dari Desa Ngrancah Memiliki Karakter Rasa Asam Legit Ini Sebabnya. https://food.detik.com/berita-boga. diakses 18 Oktober 2019.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rosyadi, Imron. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Milik Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 17 No. 2 : 111-122.

Susanto, Irwan. 2019. Kelompok Usaha Bersama. https://www.kemsos.go.id/kube. diakses pada 18 Oktober 2019




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3955

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3955.g2990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.