ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI DESA KALIREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

Ekinanda Anggita Sadevi, Siti Hamidah, Ni Made Suyastiri Yani Permai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis tingkat ketahanan pangan rumah tangga, dan (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan tingkat rumah tangga. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode survei, dan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja di Desa Kalirejo, Kokap, Kulon Progo dengan responden sebanyak 43 rumah tangga yang dipilih dengan metode systematic sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan pencatatan. Teknik analisis untuk menguji hipotesis pada konsumsi energi dan pangsa pengeluaran pangan menggunakan One Sample T-test. Teknik analisis untuk mengetahui tingkat ketahanan pangan menggunakan klasifikasi silang antara pangsa pengeluaran pangan dan  tingkat kecukupan energi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis faktor yang mempengaruhi konsumsi energi menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rata- rata tingkat ketahanan pangan rumah tangga di Desa Kalirejo berada dalam kategori rentan pangan. (2) lama pendidikan ibu rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga dan pendapatan berpengaruh terhadap konsumsi pangan di Desa Kalirejo, Kokap, Kulon Progo.

Kata kunci : ketahanan pangan, konsumsi energi, pangsa pengeluaran

pangan


Full Text:

PDF

References


Adiana, Pande Putu Erwin dan Karmini, Ni Luh. 2012. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana (EEP), 1(1) :39-48.

Ambarsari, Erlin Ratna. 2017. Analisis Ketersediaan Pangan Pokok dan Konsumsi Energi Rumah Tangga Petani di Desa Tuksono Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Arida, Agustina. 2015. Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan dan Konsumsi Energi. Jurnal Agrisep Vol 16 (1) :20-34.

BPS. 2018. Kabupaten Kulonprogo dalam Angka. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. 2018. Laporan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi. Diakses pada tangga 3 Oktober 2020 dari www.pertanian.kulonprogokab.go.id.

Delly, Defline Putri. 2018. Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Nelayan di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. E-Jurnal Ilmu Agribisnis Universitas Lampung 7 (2) :141-153.

Dirhamsyah, Tedy, Jangkung Handoyo Mulyo, Dwidjono Hadi Darwanto, Slamet Hartono. 2016. Ketahanan Pangan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah Rawan Pangan di Jawa. Yogyakarta : Plantaxia.

Mayasari, Dewi, Dias Satria, Iswan Noor. 2018. Analisis Pola Konsumsi Pangan Berdasarkan Status IPM di Jawa Timur. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia Vol 18 (2) : 191-213.

Nicholson, Walter. 1985. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sitompul, Kristina Hariyani. 2016. Analisis Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Miskin. E-Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 5 (9) : 1-10.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suryana, Achmad. 2014. Menuju Ketahanan Pangan Indonesia Berkelanjutan 2025: Tantangan dan Penangannya. Forum Penelitian Agro Ekonomi 32 (2) :123-135.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3956

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3956.g2991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.