Pengaruh Kompensasi Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PTPN IX Kebun Jollong Pati

Awang Madu Rangin, Siti Hamidah, Nanik Dara Senjawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui tingkat kompensasi, kompetensi, motivasi, dan kinerja karyawan tetap pada bagian pemeliharaan Kebun Kopi PTPN IX Kebun Jollong Pati, 2) menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kompensasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan tetap pada bagian pemeliharaan Kebun Kopi PTPN IX Kebun Jollong Pati. Metode dasar yang penelitian ini adalah metode deskriptif dan dilaksanakan dengan metode studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengambilan respoden yang digunakan adalah sensus yakni dengan menggunakan seluruh anggota populasi pada karyawan tetap bagian pemeliharaan kebun kopi yang berjumlah 34 karyawan. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Kompensasi, kompetensi, motivasi, dan kinerja pada karyawan bagian pemeliharaan kebun PTPN IX Kebun Jollong Pati termasuk dalam kategori cukup tinggi. 2) Kinerja dipengaruhi kompensasi, kompetensi, dan motivasi secara langsung dan tidak langsung. Total pengaruh langsung dan tidak langsung adalah sebesar 0,674 dimana terdiri dari total pengaruh langsung sebesar 0,490 dan pengaruh secara tidak langsung sebesar 0,184.

 

Kata Kunci: kompensasi, kompetensi, motivasi dan kinerja karyawan


Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Ed. 10. Jakarta: PT Indeks.

Dwijayanti, Ni Kadek Ayu Dwiyanti, dan Heryanda K. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia 5 (127): 6.

Edison, Emron, Yohny Anwar, dan Imas Komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Fikri, K. dan Apriansyah R. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Pada CV. Pelita Mandiri V Pematang Reba. Jurnal Manajemen dan Bisnis 7(1):23-32.

Jufrizen, J. (2017). Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja perawat: Studi pada Rumah Sakit Umum Madani Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen.1 (1): 27-34.

Nugraha, Alvi dan Tjahwati, S. (2017). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. 3 (31): 3-4.

Oktora, Jublina dan Rizan, M. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional, Motivasi Serta Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sanjayatama Lestari. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis. 1 (59): 1-2.

Priyono. (2007). Pengantar Manajemen. Surabaya: Zifatama.

Riduwan dan Kuncoro. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Rosmaini dan Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 2 (11): 1.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5374

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5374.g3798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.