Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Beras Organik PT. Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Salsabila Sifa Riyandani, Ni Made Suyastiri Yani Permai, Indah Widowati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Loving Hut, Plaza Agro, dan Peppermint Organics sebagai sampel lokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan produk yang diteliti yaitu beras organik dari PT. Lingkar Organik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah :  (1) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada produk beras organik PT. Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga produk beras organik PT. Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda dan Importance Performance Analysis (Analisis Kinerja dan Kepentingan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada produk beras organik PT. Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, (2)Tingkat kepuasan konsumen pada kategori belum puas berdasarkan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga produk beras organik PT. Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Afnina dan Yulia Hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhdap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 9, (1), 21-30.

Engel, James, Roger Blackwell, Paul Miniard. (1994). Perilaku Konsumen Jilid 1. Jakarta : Binarupa Aksara.

Hardyasar, Arthur. (2017). Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Pondok Hijau Kota Manado. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat.,13, (3): 157-172.

Indrajaya, Drajat. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Statisfaction Index Pada UMKM Gallery. Jurnal IKRA-ITH Teknologi. (2) (3), 1-6

Kusmariza, Nella. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Beras di Desa Pasar Baru Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Agribusiness Future, 1 (1), 22-38.

Mayrowani, Henny. (2012). Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Jurnal Forum Penelitia Agro Ekonomi, 30 (2), 91-108.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ong, Johan Oscar. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). Jurnal Jati Undip, 9( 1), 1-10.

Putri, Asgami. (2018). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Mutu Beras di Kampung Bunga Raya Kabupaten Siak. Jurnal of Agribusiness and Community Empowerment., 2, (1), 1-9.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6326

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6326.g4178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.