Model Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Girirejo Melalui Program Wiradesa

Alfian Nur Rahman, Ahmad Nur Rohim, Ardya Rahmawati Laras Septi, Khairul Asrori, Shaffira Ayuning Byzura, Dewi Anggraeni Sekarwati

Abstract


Sustainable Development Goals (SDGs) Desa merupakan upaya terpadu untuk mempercepat pembangunan berkelanjutan di tingkat desa untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan, kelaparan, dan pertumbuhan ekonomi nasional yang merata. Salah satu caranya adalah dengan membangun usaha mikro kecil menengah (UMKM) pedesaan yang berdaya melalui program Wiradesa. Dengan demikian, perlu dilakukan analisis model pemberdayaan UMKM untuk melatih pengusaha desa mengembangkan usahanya secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pemberdayaan yang tepat untuk diterapkan pada UMKM dengan menggunakan pendekatan SOAR dan mengidentifikasi pemangku kepentingan yang membantu program ini. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive, yaitu BUMDes dan home industry bakso di Desa Girirejo, Imogiri, Bantul, DIY. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan focus group discussion. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan yang dibutuhkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah meliputi pelatihan manajemen produksi dan operasi, pelatihan manajemen rantai pasok, pelatihan pemasaran digital, pelatihan produksi dan pengembangan produk, dan pelatihan manajemen pemasaran. Stakeholder yang terlibat dalam program antara lain Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, Koperasi Puspita Hati, UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, dan Rumah BUMN.


Full Text:

PDF

References


Asmarantaka, R.W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y.N, Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis: Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5 (2) : 143-164.

Bekele, E. dan Zeleke, W. (2008). Factors That Affect the Long-term Survival of Micro, Small and Medium Enterprises in Ethiopia. Journal of Economics, 76(3):548-568.

Berry, A., Edgard, R., dan Henry, S. (2018). Small and Medium Enterprise Dynamics in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 47(3):363-384.

Heizer, J. dan Render, B. (2014). Manajemen Operasi. Jakarta Selatan : Salemba Empat.

Ishantoro dan Raharjo, S.T. (2016). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. Share: Social Work Jurnal, 6 (2): 154–272.

Kotler, P and Keller, K L. (2016). Marketing Management. London : Pearson.

Maimunah, Ghiffari, A., Pamungkas, C., Kurniawan, F., Farhaani, P., danLintang, A. (2021). Pendampingan Manajemen Produksi Kerajinan Kayu Pada UMKM Lancar Jaya Magelang. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ, 4 (1): 37–46.

Martono, R.V. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Rantai Pasok. Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Nirwana, N.Q.S. dan Biduri, Sarwendah. 2021. Implementasi Digital Marketing pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 (Study pada UMKM di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal, XVII (1) : 29-35.

Rohim, A. dan Kurniawan, I. 2017. Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal Of Community Service, 1 (1): 23-28.

Senjawati, N.D., Widowati, I., dan Wardoyo, S.S. 2019. Grand Desain Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal (Studi Kasus di Desa Salamrejo Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20 (2): 188-200.

Sugiarti, S. dan Wiwid. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Metode Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspirations, Result). Medan : Universitas Sumatera Utara.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suharta, R. (2014). Pengembangan Produk Andalan dengan Pendekatan One Village One Product (OVOP) di Kecamatan Imogiri. Jurnal Riset Daerah, 4: 1963-1975.

Stavros, J. dan Hinrichs, G. (2009). The thin book of SOAR: Building strengths-based strategy. OR: Thinbook Publishing, Bend.

Sumodiningrat, G. (2000). Visi dan Misi Pembangunan Pertanian Berbasis Pemberdayaan. Yogyakarta : IDEA.

Umanailo, M. C. B. (2018). Integration of Community Empowerment Models (Pengintegrasian Model Pemberdayaan Masyarakat). Proceeding of Community Development 2(2): 268-277.

Widodo, M.L., Soekmadi, R., dan Arifin, H.S. (2018). Analisis Stakeholders Dalam Pengembangan Ekowisata Di Taman Nasional Betung Kerihun Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 8(1) : 55-61.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6381

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i2.6381.g4462

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.