Strategi Pengembangan Usaha Lada di UD. Dua putri Bumijo Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

Nanda Dwi Astuti, Ni Made Suyastiri Yani Permai, Siti Hamidah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan (1) Menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada UD. Dua Putri., (2) menganalisis strategi pengembangan usaha di UD. Dua Putri. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Metode pengambilan responden yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Terdapat lima orang responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan karyawan di UD. Dua Putri. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder yang bersumber dari UD. Dua Putri. Pengumpulan data menggunakan teknik focus group discussion (FGD), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), matriks Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT), Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor internal yang ada pada UD. Dua Putri yaitu kualitas produk aroma dan rasa kuat dan belum ada pembukuan keuangan. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu kebutuhan lada oleh pelaku bisnis kuliner meningkat dan jumlah pesaing dengan produk sejenis relatif banyak. (2) Strategi pengembangan usaha yang sesuai untuk usaha pengolahan lada di UD. Dua Putri adalah pengembangan pasar dengan memperluas pasar untuk penjualan.

Kata Kunci: Faktor Eksternal, Faktor Internal, Pengolahan Lada Bubuk, Strategi Pengembangan Usaha


Full Text:

PDF

References


Arianti, Y, S., Waluyati, L, R. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3 (2), 256-266

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bisjoe, A.R.H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapangan. Jurnal Info Teknis Eboni, 15 (1), 17-27

Burhanudin, M, N., Widada, D., Profita, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Klinik Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Industrial Servicess, 5 (1), 94-99

David, F.R., David, F.R. (2016). Manajemen Strategik (Konsep). Jakarta: Salemba Empat

Ghandy, A., Kurniawati, S, D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur, 8 (1), 15-31

Harini, Cici., Yulianeu. (2018). Strategi Penetrasi Pasar UMKM Kota Semarang Menghadapi Era Pasar Global MEA. Jurnal Ekonomi Bisnis, 21 (2), 361-381

Huda, A.M., Martanti, D.E. (2018). Pengantar Manajemen Strategik. Denpasar: Jayapangus Press

Ningrum, S., Supriyadi., Zulkarnain. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Biogas Sebagai Energi Alternatif Rumah Tangga dengan Memanfaatkan Limbah Ternak Kotoran Sapi. Jurnal Penelitiaan Pertanian Terapan, 17 (3), 45-57

Purwadi, I., Ferichani, M., Setyowati. (2021). Strategi Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada Rumah Kopi Gesing Kabupaten Temanggung. Jurnal AGRISTA, 9 (2), 69-80

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Menejemen Bisnis dan Inovasi, 5 (3), 159-168

Setyorini, H., Effeandi, M., Santosos, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5 (1), 46-53

Sugiman, F., Novita, P., Widjaja, D.C. (2013). Pengembangan Bisnis Dilihat dari Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan pada Homestay Dhanesvara di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1 (2), 362-375

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Wibowo Wahju. (2009). Analisis Internal & Eksternal (IE) Matriks dalam Strategi Pengembangan Objek Wana Wisata Grajagan. Jurnal Ekonomi Bisnis 14 (2), 161-70

Worang, B, C., Sinjal, H, J., Monijung, R, D. (2018). Strategi Pengembangan Budidaya Perikanan Air Tawar di Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Budidaya Perairan, 6 (2), 68-76

Yudiaris, I.G., Nuridja, M., Suwena, K.R. (2015). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada CV, Puri Lautan Mutiara. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5 (1)

Yulianti, Devi. (2020), Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan. Jurnal Sosiologi, 16 (2), 103-114




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v23i1.6473

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v23i1.6473.g4408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.