Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dodol Coklat Menggunakan Statistical Process Control (SPC) Pada UMKM Griya Coklat Nglanggeran Gunung Kidul DIY

Yudhistira Kurnia Yasadiwirya, Ni Made Suyastiri Yani Permai, Agus Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis persentase target kerusakan produk dodol coklat, mengalisis pengendalian kualitas dodol coklat, mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan kualitas produk dodol coklat. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif, dan metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan survei. Metode pemilihan lokasi yang digunakan metode purposive. Lokasi penelitian berada di UMKM Griya Coklat Nglanggeran. Metode pemilihan responden digunakan metode purposive dan responden merupakan karyawan yang terlibat langsung dalam proses produksi dodol coklat. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data denga observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Statistical Process Control (SPC) dan P-Chart. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata persentase kerusakan produk dodol coklat masih belum sesuai target produk dodol coklat di Griya Coklat Nglanggeran masih belum terkendali, dan pengendalian kualitasnya masih rendah yang disebabkan oleh oleh faktor lingkungan, tenaga kerja, mesin, dan bahan baku.


Keywords


Dodol coklat, Kualitas, Pengendalian

Full Text:

PDF

References


Azizah, Fitriani Ulpa. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Teh Hitam Di Unit Produksi Pagilaran PT. Pagilaran Keteleng, Blado, Batang, Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 20,(1), 65-80, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse

Batubara, Gresia. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk The Hitam Di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 22(1), 1-16, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse

Heizer, J. dan Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.

Muzakir. (2015). Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Produk Roti Menggunakan Alat Bantu Statistik. Jurnal Optimalisasi. 1(1), Diakses dari http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/171.

Nurkholiq, A., Saryono, O., dan Setiawan, I. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis. 6(2), Diakses dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/2983.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabet

Sadevi, Ekinanda Anggita. (2020). Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Desa Kalirejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 21(2), 205-218, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse.

Sihombing, Trisnanda Christy Audria. (2020). Penggunaan Metode EOQ Untuk Memaksimalkan Biaya Persediaan Bahan Baku Mahkota Dewa Di PT. Salama Nusantara Kulon Progo. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 21(1), 45-57, Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse.

Singarimbun, M. (2018). Metode Penelitian Survai. Yogyakarta: LP3ES.

Sugiyonono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8657

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8657.g4938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yudhistira Kurnia Yasadiwirya, Ni Made Suyastiri Yani Permai, Agus Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.