Strategi Pemasaran Produk Wedang Uwuh Pada CV. Centerindo Kurnia Tritama Dusun Bulu Kelurahan Trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul

Farradhillah Hartinata Poetri, Siti Hamidah, Ni Made Suyastiri YP

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis trend volume penjualan wedang uwuh, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, menganalisis pilihan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Jenis penelitian deskriptif dengan studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis data dengan analisis trend volume penjualan, matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), matriks Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT), dan Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian diperoleh trend volume penjualan produk wedang uwuh CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam 6 bulan kedepan menurun, CV. Centerindo Kurnia Tritama memiliki kekuatan utama yaitu produk berkualitas, kemasan yang menarik, bersertifikat halal, dan mempunyai izin edar BPOM, kelemahan utama yaitu kurangnya mengelola promosi online, peluang utama yaitu Jogja merupakn destinasi wisata, dan ancaman utama yaitu produk baru yang inovatif, Strategi yang dapat diterapkan oleh CV. Centerindo Kurnia Tritama adalah strategi pengembangan pasar.


Keywords


Trend Volume Penjualan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strategi Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


David, Fred R. dan Forest R. David. 2016. Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing - Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Handikam Made Resta, dan Gede Sri Darma. Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Helia, Vembri Noor. (2016). Analisis Pengembangan strategi Pemasaran Halal Pada Usaha Kecil Menengah produk Wedang Uwuh dan Tepung Bebas Gluten Di UKM Progress Jogja. Teknoin, 22(8), 609-618.

Mustofa, Siti, Agustin, dan R. Sahedhy. (2011). Strategi Efektif Untuk Pengembangan Bisnis UKM Yogyakarta Di Pasar Internasional : Studi Kasus UKM Wedang Uwuh Bu Yani. Jurnal Manajemen 1(1), 41-49.

Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti. (2009). Manajemen Operasi. Yogyakarta : Media Pressindo.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto dan Mulyono, S. (2019). Peramalan Bisnis dan Ekonometrika. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sahroni, Anna. (2017). Strategi Pemasaran Dodol Pulut Di Desa Paloh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bieruen. Jurnal Sains Pertanian 4(1), 41-49.

Salatoen, Riadini Mareta. (2015). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Jamu Herbal (Studi Kasus Pada PT. Perusahaan Jamu Tradisional Dr. Sardjito). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi 16(2), 63-78.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&B. Bandung : PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8673

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8673.g5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Farradhillah Hartinata Poetri, Siti Hamidah, Ni Made Suyastiri YP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.