Alternatif Strategi Pemasaran Susu Almond Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada UMKM Ralalii

Authors

  • Ayunda Pratika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Budiarto Budiarto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Nanik Dara Senjawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jdse.v23i2.8674

Keywords:

Analytic Hierarchy Process (AHP), Strategi pemasaran, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran di UMKM Ralalii. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Metode pengambilan respondennya menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan Focus Group Discussion (FGD), observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk merumuskan formulasi strategi yaitu analisis deskriptif, analisis matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), matriks External Faktor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh alternatif strategi yang disarankan untuk UMKM Ralalii yaitu strategi pengembangan produk.

References

Affandy, M R. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Perhiasan Imitasi Dengan Metode Analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: UD. Aqila). Jurnal MATRIK. 18 (1), 61-70.

David, FR. (2012). Strategic Management Buku 1. Edisi 12. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Effendi U, Retno A, Diana C M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Coklat Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Multi Attribute Theory (MAUT). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 6 (1), 31-40.

Hasbi, R A. (2018). Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffee Arabica) di Kabupaten Bantaeng Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Manajemen. 4 (1), 24-30.

Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Mahfud, T & Yogiana, M. Aplikasi Metode QSPM (Quantitaive Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidika. 1 (1), 66-76.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Cetakan 9. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Rangkuti, F. (2009). Stategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Integreted Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saaty, T L. (1993). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta Pusat: PT. Gramedia.

Setiawan, I R & Anton G. (2014). Penerapan Metode AHP (Analitical Hierarchy Process) Pada Pemilihan Bantun Bagi Masyarakat (Studi Kasus di Kelurahan Cikondang Kota Sukabumi). (Jurnal Ilmiah Sains dan teknologi), 4 (1), 293-298.

Setyorini H, Mas’ud E, & Imam S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSMP (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5 (1), 46-53.

Sonata Y, Meri A. (2010). Penerapan Metode AHP dalam Menentukan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Poli Rekayasa, 5(2),128-136.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasih. (2019). Implementasi Matrik EFE, Matrik EFE, Matrik SWOT dan QSPM untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas. Jurnal E-BIS, 3(1), 27 - 40.

Swastha, B. (2010). Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Walangare D, Rosa D, Restyandito. (2012). Sistem Prediksi Pertandingan Sepak Bola dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Teknik Informatika. 8 (2), 181-188.

Wibowo, W. (2009). Analisis Internal & Eksternal (IE) Matrik dalam Strategi Pengembangan Objek Wana Wisata Grajagan. Jurnal Ekonomi Bisnis, 15(2), 161-170.

Downloads

Published

2022-12-29