Bauran Pemasaran 4P terhadap Loyalitas Pelanggan pada Home Industry Dailee Express (DE) melalui Kepuasan Pelanggan

Naomy Tasyalingga Tiffany Kitu, Riyanti Isaskar, Heptari Elita Dewi

Abstract


Tingkat persaingan yang kompetitif pada industri makanan dan minuman sehat di Kota Malang membuat Dailee Express (DE) mengalami penurunan penjualan pada tahun 2022. Persaingan bisnis yang ketat ini menuntut Dailee untuk memperbaiki strategi pemasarannya dengan memperhatikan penerapan bauran pemasaran 4P guna menciptakan konsumen yang loyal pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung bauran pemasaran 4P yaitu harga, produk, distribusi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Dailee dan pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan pelanggan, serta bagaimana pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Penentuan responden penelitian dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 56 pelanggan Dailee. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software Smart PLS 4.0. Hasil dari penelitian ini yaitu bauran pemasaran 4P yang secara langsung berperan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Dailee adalah produk dan distribusi. Bauran pemasaran 4P yang secara langsung berperan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan Dailee adalah harga dan promosi. Kepuasan pelanggan mampu memediasi antara variabel produk dengan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara signifikan memberikan pengaruh pada loyalitas pelanggan Dailee. Dari hasil penelitian, disarankan kedepannya Daukee dapat membuka toko secara fisik.

Keywords


Loyalitas pelanggan, Kepuasan pelanggan, Makanan sehat, Industri rumah tangga Dailee Express, Bauran pemasaran 4P

Full Text:

PDF

References


Agatha, S., Widowati, I., & Budiarto. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kemudahan, Emosional, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen di Fruktosa Juice Bar Kapanewon Depok Kabupaten Sleman. Journal of Agricultural Social and Business, 1(2), 124–132.

Al Badi, K. S. (2018). The Impact of Marketing Mix on the Competitive Advantage of the SME Sector in the Al Buraimi Governorate in Oman. SAGE Open, 8(3), 1–10. https://doi.org/10.1177/2158244018800838

Alfian, D., & Noersanti, L. (2020). The Effect of Price, Service Quality and Location on Customer Satisfaction and Customer Loyalty (Case Study at Pasar Jaya Klender SS). Indonesian College of Economics, 1–28.

Bornyarso, H., Budiarto, B., & Santosa, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen pada Lesehan Aldan Perumnas Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(2), 137–149.

Cahyono, S. W. (2020). Strategi Peningkatan Loyalitas Konsumen Minuman Sari Buah Siiplah Melalui Kepuasan Konsumen di Kota Surakarta. Jurnal Program Magister Manajemen STIE AUB, 1–9.

Farahani, K. H., & Lafva, M. M. (2019). An Empirical Study: Survey of

Relationship between Marketing Mix and Customers’ Loyalty (Case Study: SMEs in Ghazvin city). Journal of Management and Accounting Studies, 4(01), 16–21. https://doi.org/10.24200/jmas.vol4iss01pp16-21

Gultom, R. M., Budiarto, B., & Utami, H. H. (2019). Analisis Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Pembelian Produk Kedai Organik Kolondjono, Condongcatur, Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(2), 131–144.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd Edition). Sage Publications.

Maulana, H., Salistia, F., & Hanoum, F. C. (2021). Pengaruh Promosi Online melalui Media Sosial Instagram dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Produk Healthy Drink Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 161–183.

Maulana, S., Najib, M., & Sarma, M. (2021). Analysis of the Effect of Marketing Mix on Consumer Trust and Satisfaction on Online Purchasing of Organic Food during the Outbreak of the Covid-19. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 257–271. https://doi.org/10.21776/ub.jam

Mustaqimah, A., Hartoyo, H., & Nurmalina, R. (2019). Marketing Mix Effect Towards Customer Satisfaction and Loyalty: Case Study of Rejuve Cold-Pressed Drinks. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 5(3), 310–320. https://doi.org/10.17358/ijbe.5.3.310

Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Kepercayaan serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.346

Owomoyela, S. K., Oyeniyi, K. O., & Ola, O. S. (2013). Investigating the Impact of Marketing Mix Elements on Consumer Loyalty: An Empirical Study on Nigerian Breweries PLC. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 4(11), 485–496.

Rahardjo, C. A., Harianto, H., & Suwarsinah, H. K. (2019). The Effect of Marketing Mix on Consumer Satisfaction and Loyalty for Indonesian Brand Salad Dressing “XYZ.” Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 308–318. https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.308

Sari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. HABITAT, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7

Shartykarini, S. , & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39–52.

Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the Critical Effect of Marketing Mix on Customer Loyalty through Customer Satisfaction in Food and Beverage Products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 1, 15–26. https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z

Yusriadi. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Cepat Saji O’Chicken Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 71–77.

Yusuf, A., Nurmalina, R., & Syuaib, M. F. (2017). The Impacts of Marketing Mix on Customer Satisfaction and Loyalty in Honey Product. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(7), 1778–1783. https://doi.org/10.21275/art20175276




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9563

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9563.g5523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Naomy Tasyalingga Tiffany Kitu, Riyanti Isaskar, Heptari Elita Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.