Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan Brand Trust sebagai Variabel Moderasi

Adinda Putri Kusherawati, Riyanti Isaskar, Heptari Elita Dewi

Abstract


Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan sebagai media pemasaran. Popularitas Instagram menyebabkan banyak pelaku usaha mulai memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pemasarannya, salah satunya yaitu UMKM DHC yang bergerak di industri makanan sehat yang berada di Kota Malang. Peningkatan kesadaran masyarakat akan makanan sehat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan karena hal tersebut membuat UMKM DHC sebagai salah satu pelaku usaha makanan sehat harus meningkatkan strategi pemasarannya agar produk dari UMKM DHC dapat lebih banyak dijangkau konsumen. Interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram UMKM DHC masih rendah, padahal interaksi termasuk salah satu indikator dari pemasaran media sosial yang harus diperhatikan agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, terlebih lagi media sosial merupakan media yang hanya dapat dilihat visualisasinya saja tanpa dapat merasakan produknya secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli dan keputusan pembelian UMKM DHC dan menganalisis pengaruh keduanya dengan brand trust sebagai variabel moderasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah minimum responden sebanyak 45 konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan skala Likert lima kategori serta dianalisis menggunakan SEM-PLS software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara langsung social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli tetapi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand trust signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap minat beli tetapi tidak signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap keputusan pembelian, dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Perilaku konsumen, Pemasaran, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Achmad, H. S., & Millaty, M. (2021). Atribut Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Terhadap Minuman Kemasan Mengandung Ekstrak Jahe (Zingiber Afficanate) Di Kabupaten Sleman. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi , 22(2).

Anuang, P. W., Dyah, P., & Korry, P. (2020). Pengaruh Adopsi Teknologi Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perusahaan Niluh Djelantik). In Tiers Information Technology Journal (Vol. 1, Issue 1). Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Tiers/Index

Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. E-Proceeding Of Management, 2(3), 1–7.

Balakrishnan, B. K. P. D., Dahnil, M. I., & Yi, W. J. (2014). The Impact Of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention And Brand Loyalty Among Generation Y. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 148, 177–185. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.07.032

Banjarnahor, A. R., ’Hariningsih, E., ’Hasyim, H., ’Putri, D. M. B., & ’Sari, O. H. (2022). Social Media Marketing Dan Bisnis Modern (J. Simarmata & R. Watrianthos, Eds.). Yayasan Kita Menulis.

Basuki, R. A., & Fairuz, N. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Brand Trust Pada Produk Kosmetik Focallure Sebagai Variabel Moderasi. Journal For Business And Entrepreneurship, 5(2).

Dian, P., Dewi, R., & Darma, G. S. (2022). Menakar Efektivitas Digital Marketing Via Instagram (Vol. 06, Issue 01).

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh. (2020). Customer Review Or Influencer Endorsement: Which One Influences Purchase Intention More? Heliyon, 6(11). Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2020.E05543

Fatimah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Toko Poeniko Batik Di Pekalongan).

Herbalife Nutrition. (2021). Asia Pacific Health Inertia Survey 2021.

Husain, R., Paul, J., & Koles, B. (2022). The Role Of Brand Experience, Brand Resonance And Brand Trust In Luxury Consumption. Journal Of Retailing And Consumer Services, 66. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jretconser.2021.102895

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Engaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Journal Of Social And Politic, 1–7.

Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1).

Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Makanan Sehat Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1134. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2022.006.03.32

Rizkitania, A., Auliyah, A., & Wani, Y. A. (2022). Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Katering Sehat. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal). , 17(2), 213–223. Https://Doi.Org/10.204736/Mgi.V17i2.213-223

Salsabilla, T. (2022). The Effect Of Social Media Usage, Social Media Browsing, And Trust In Social Media As A Moderating Variable Toward Sustainable Purchasing Attitude On The Mcdonald’s Consumers In Padang.

Sugito, D. W. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Strategi Promosimelalui Media Sosial, Dan Viralmarketingterhadap Keputusanpembelian Produk Sakola Secara Daringdi Daerah Istimewa yogyakarta.

Tauran, R. H., Andriani, D. R., Wahyuningtyas, A. S. H., & Isaskar, R. (2022). The Effect Of Social Media Marketing On The Purchase Decision Of Kooka Coffee Products Using Brand Image As A Mediation Variable. Agricultural Socio-Economics Journal, 22(3), 223. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Agrise.2022.022.3.9

Welsa, H., Dwi Cahyani, P., & Meidyansyah, F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i3.1471




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9565

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9565.g5521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adinda Putri Kusherawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.