Pengaruh Proporsi Tenaga Kerja, Pdrb, Dan Upah Minimum Provinsi Terhadap Tingkat Pengangguran Terbukadi Provinsi Yang Ada Di Pulau Jawa Tahun 2016-2020

Putri al Enjeli, Astuti Rahayu, Diah Lufti Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Proporsi Tenaga Kerja, PDRB, dan Upah Minimum Provinsi Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Pulau Jawa Tahun 2016-2020. Penelitian Ini menggunakan data berbentuk time series dengan periode 5 tahun sehingga memiliki 30 observasi. Jenis data yang digunakan ialah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistika Menurut Provinsi yang berada di Pulau Jawa. Adapun variabel independen yang digunakan Proporsi tenaga kerja, PDRB, dan Upah Minimurn Provinsi Di Pulau Jawa. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Data Panel, berdasarkan hasil Analisis diketahui bahwa variabel Proporsi tenaga kerja tidak berpengaruh Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka, PDRB berpengaruh Negatif terhadap pengangguran terbuka dan upah minimum provinsi berpengaruh Positif terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka.

Keywords


PTK, PDRB, Upah Minimum Provinsi, TPT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/jer.v15i1.13313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JER (Jurnal Ekonomi Regional)

Published: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Managed by: Program Studi Magister Ilmu Ekonomi
Address: Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55283
E-mail: jurnaljer@upnyk.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
JER (Jurnal Ekonomi Regional) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY 4.0).