Pengaruh Usefulness, Ease Of Use, dan Risk Melalui Attitude Terhadap Repurchase Intention Sibakul Jogja

Via Puteri A*, Danang Yudhiantoro, Ignatius Agus S

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegunaan, kemudahan penggunaan, dan resiko terhadap sikap terhadap niat beli ulang Si Bakul Jogja. Metode yang digunakan adalah purposive sampling, dengan pengambilan sampel populasi berdasarkan konsumen Markethub Si Bakul Jogja di Yogyakarta yang pernah bertransaksi minimal satu kali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur, yaitu teknik analisis berbasis SPSS (Statistical Product and Service Solutions) dan uji sobel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap (2) kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap (3) risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap (4) kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang (5) kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang (6) risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beli ulang (7) sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang ( 8) kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang melalui sikap (9) kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang melalui sikap (10) risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beli ulang melalui sikap.


References


Ahmad, Siti Nor Bayaah, Aida Shaari, Habrizah Hussin, Misyer Mohamed Tajudin, dan Simranpreet kaur Hansaram .(2019). Influence of Perceived Risk on Consumer Attitude and Repurchase Intention among Gen Y Online Shoppers in Malaysia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, Vol.6, 42-54.

Ansyah, Fery dan Abror .(2019). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan pada Vendor terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Sikap Konsumen Toko Online Lazada di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, Vol. 2 (1), 46-58.

Ashghar, Sayyid Ali dan Hanny Nurlatifah .(2020). Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust dan e-Satisfaction (Survei Kasus Pengguna Gopay pada Transaksi UMKM). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol.1. 40-52.

Basyar , Khoirul dan Sanaji. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.8, No.2. 204-217.

Firdaus, Mukhammad, N. Rachma dan Mohammad Rizal. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Kemanfaatan Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Shopee Online Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB UNISMA). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen. 138-155.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayah, Nur dan Anik Lestari Anjarwati. (2018). Pengaruh Perceived Quality Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Variabel Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan The Botol Sosro di Surabaya Jawa Timur). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 6, No. 1.

Kahar, Azmer, Yunia Wardi, dan Dina Partisia .(2018). The Influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Security on Repurchase Intention at Tokopedia.com. Advances in Economics, Business and Management Research, Vol.64.

Karnadjaja, Claudia Cindy, Diyah Tulipa dan Robertus Sigit Haribowo Lukito. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Belanja Online melalui Kepercayaan dan Sikap pada Konsumen Zalora di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen (KAMMA), Vol 6( 2). 116-130.

Komang Agus Satria Pramudana dan I Wayan Santika .(2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.7 (10), 2247-2256.

Kotler, Philip dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong .(2018). Principles of Marketing. Edisi 15. Global Edition. Pearson.

Madahi, Abdolrazagh, dan Sukati, Inda (2012), “The Effect of External Factorson Purchase Intention amongs Young Generation in Malaysia”. International Business Research, Vol. 5, No.8.

Maharama, Arif Reza dan Noor Kholis. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. EKOBIS, Vol.19, No.2, 203-213.

Oentario, Yudianto, Agung Harianto, dan Jenny Irawati .(2017). Pengaruh Usefulness, Ease Of Use, Risk Terhadap Intention to Buy Online Patisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11, No. 1. 26-31.

Peter, J. Paul, J. C. Olson.(2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: Erlangga.

Pratama, Agung Dimas. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Beli Pelanggan Melalui Sikap Pelanggan Sebagai Mediasi Pada Tokopedia.Com. AGORA. Vol.8, No.1.

Prathama, Frenky dan Wilma Laura Sahetapy (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. AGORA, Vol. 7, No. 1, 121-131.

Purba, Meyrilliana, Samsir, dan Kasman Arifin. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol.12 (1). 151-170.

Ramadhan, Danang. (2019). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use, dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Sebagai Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Gudang Digital Online Yogyakarta). Jurnal EBBANK, Vol.10, No. 2.

Samuel, Nathaniel, Samuel Adenubi Onasanya and Charles Olubode Olumorin. (2018). Perceived Usefulness, Ease of Use and Adequacy of Use of Mobile Technologies by Nigerian University Lecturers. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, Vol. 14 (3), 5-16.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2015). Consumer Behaviour Eight Edition..Pearson Prentice Hall.

Silaen, Elsa dan Bulan Prabawani. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO. E-Journal of Universitas Diponegoro, Vol.7, 1-9.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suleman, Dede, Ida Zuniarti, Sabil (2019). Consumer Decisions toward Fashion Product Shopping in Indonesia: The effects of Attitude, Perception of Ease of Use, Usefulness, and Trust. Management Dynamics in the Knowledge Economy, Vol. 2 (7), 133-146.

Triwidyastika, Ardinia .(2012). “Survei Tentang Pengaruh Persepsi, Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online dan Implikasinya Pada Minat Belanja Online di D’Shetwo Boutique”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 51-52.

Trisnawati, Echy, Setiawan Assegaff dan Eni Rohaini. (2019). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceive Usefulness, Service Quality, Perceived Value Terhadap Customer Saticfaction Pada Pengguna Grab (Studi Kasus Mahasiswa STIKOM DB Jambi). E- Journal STIKOM Dinamika Bangsa, Vol. 2, 85-96.

Yusvita, Rosa Merry dan Vera Pujani. (2020). Influence of Self-Efficacy, and Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Behavioral Intention To Purchase Online In Tokopedia With Perceived Risk, As Variable Mediation (Studies in Society Padang). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 5 No.1.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v20i1.10586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).
slot gacor slot