ANALISA CACAT PROSES PENGECORAN VELG RUBBER ROLL

Riria Zendy Mirahati, Ilham Pratomo

Abstract


Cacat dalam industri pengecoran logam, merupakan hal yang dapat menurunkan produktifitas dan efektifitas produksi suatu perusahaan. Cacat akan mengakibatkan produk menjadi tidak berfungsi dengan baik dan menurunkan durabilitas penggunaanya, sehingga merugikan pihak perusahaan. Pada proses pengecoran velg rubber roll, terjadi beberapa jenis cacat yang ditemui dan dengan analisa secara visual, dapat ditemukan penyebab dan solusi pencegahanya. Cacat yang ditemukan antara lain, cacat rongga udara disebabkan adanya gas yang terjebak dalam cetakan, solusinya pemberian saluran pembuangan gas yang baik dan rapi. Cacat kurang isi disebabkan kurangnya lelehan logam yang mengisi pola cetakan, solusinya ladel pada saat penuangan harus diukur terlebih dahulu. Cacat pergeseran disebabkan kesalahan dalam pemasangan pola bawah (drag) dan pola atas (cope) yang tidak pas, solusinya memperhatikan secara teliti dan cermat pada saat memasang pola. Cacat permukaan kasar disebabkan pasir cetakan yang tidak seragam, solusinya melakukan pengayakan agar pasir cetakan benar-benar seragam. Cacat yang terjadi dalam industri pengecoran logam, sebagian besar disebabkan kesalahan dalam pengerjaanya, dan tidak menggunakan parameter yang jelas pada setiap tahapan prosesnya.

Keywords


Cacat produk, Pengecoran logam , Velg Rubber Roll

Full Text:

XML

References


George Love & Harun A.R, (1996), Teori dan Kerja Praktek Logam, Erlangga, Jakarta.

Shatrudhan Pandey, (2017), Casting Defects and its Optimization Method in Centrifugal Casting Process, Birla Institute of Technology.

Rajesh Rajkolhe, & J.G. Khan, (2014), Defects Causes and Their Remedies in Casting Process, Shri Sant Gajanan Maharaj College of Engineering.

Tata Surdia & Kenji Chijiawa, (2000), Pengetahuan Bahan Teknik, Pradnya Paramita, Jakarta.

Tata Surdia, Chijiawa Kenji, (2006), Teknik Pengecoran logam, Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v2i1.4857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats