PENGARUH QUENCHING TERHADAP PERBEDAAN YIELD STRENGTH PADA BAGIAN WEST DAN EAST PIPA OCTG TUBING L-80

Anton Sudiyanto, Miranda Hutapea

Abstract


Kerja Praktek (KP) Industri Metalurgi ini meurpakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Teknik Metalurgi UPN “Veteran” Yogyakarta. Salah satu tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang Industri Metalurgi. Untuk menyelesaikan matakuliah wajib ini penulis mendapatkan Kesempatan untuk melakukan KP di PT.Citra Tubindo Tbk . PT. CITRA TUBINDO Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang fabrikasi pipa OCTG ( Oil Country Tubular Goods) yang umumnya digunakan untuk proses pengeboran minya dan gas. PT. CITRA TUBINDO Tbk  melakukan pemrosesan dengan metode heat treatment. Tujuan dari melakukan proses Heat Treatmet adalah meningkatkan sifat mekanik material tersebut agar dapat digunakan di keadaan ekstream pada saat melakukan  explorasi minyak dan gas. Di PT. Citra Tubindo Tbk melakukan pemrosesan pipa dengan bahan baku yang disebut “green pipe”. Dari green pipe dilakukan Heat Treatment untuk meningkakan sifat material. Pemrosesan dengan metode Heat Treatmeant mencakup Austenitizing-Quenching-Tempering. Selain perlakuan panas atau heat treatment juga dilakukan pengujian yaitu Non-Destructive Test dan Destructive Test. Dalam laporan ini penulis melakukan analisa terhadap nilai Yield Strength pada bagian West dan East pipa Tubing L-80 hasil quenching. Dari Hasil analisis penulis mendapatkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai Yield Strength pada bagian west dan east . Penulis menyarankan untuk melakukan pengantian alat untuk  metode quenching yang dapat  membuat nilai Yield Strength bagian west dan east  hasil quenching dapat sama dan sesuai dengan standar yang diguanakan  oleh PT.Citra Tubindo Tbk  yaitu America Petroleum Institute (API)` 5 CT. 

Keywords


Tubing pipe, Yield Strength, Heat Treatment

Full Text:

XML

References


Gde,Tjokroda. Pengetahuan Materia Teknik I.2018.Denpasar.

Isman Fawaiz.2017. Analisis Pengaruh Variasi Temperature Austenisasi Terhadap Kekerasan, Kekuatan Impak dan Struktur Mikro dengan proses Perlakuan Panas pada Baja Karbon AISI 1050. Tugas Akhir Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nayron, Nurun. Perlakuan Pans Pada Baja. 2013. Malang.

Oberg, Erik. Heat Treatment Of Steel .1920. London. The Machinery Published.Co.Ltd.

Retwsich, David, et.al. Material Science and Engineering . 2013. Iowa : Wiley.

Sukmawati. 2008. Perbandingan Fraksi Baja Mangan Dengan Beberapa Counting Methods. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v2i1.4858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats