PENGARUH DRYING ELEKTRODA LOW HYDROGEN PADA LONGITUDINAL WELD PENSTOCK MATERIAL BAJA SM 400 B TERHADAP CACAT LAS DENGAN INSPEKSI NON DESTRUCTIVE TEST METODE RADIOGRAFI

Anton Sudiyanto, Riria Zendy Mirahati, Natasya Aulia Rahma

Abstract


PT. Barata Indonesia (Persero) Divisi Sumber Daya Air Tegal merupakan salah satu bengkel hidromekanikal yang memiliki spesialisasi dibidang hidromekanikal dan menjadi pendukung fabrikasi dan instalasi Divisi Sumber Daya Air. Workshop ini berfokus pada pekerjaan mekanik untuk bangunan air seperti pipa penstock, katup dan trashrack pada bendungan-bendungan, pintu air pada bendungan serta pompa pengendali banjir. Penstock merupakan saluran atau layanan yang menghubungkan bak penampung air bendungan ke turbin di gedung pembangkit listrik.Pada penelitian berjudul “Pengaruh Drying Elektroda Low Hydrogen pada Longitudinal Weld Penstock Material Baja SM 400 B Terhadap Cacat Las Dengan Inspeksi Non Destructive Test Metode Uji Radiografi” ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil pengelasan komponen pipa penstock menggunakan kondisi elektroda yang dikeringkan dan tanpa di pengeringan serta pengaruhnya terhadap cacat pengelasan (defect) yang dihasilkan melalui inspeksi non-destruktif pengujian metode radiografi. Metode pengujian yang pertama dilakukan adalah mencari literatur tambahan, pengumpulan data lapangan, selanjutnya melakukan pengujian radiografi, serta yang terakhir membaca film dan interpretasi cacat. Parent metal yang digunakan adalah baja SM 400 B yang telah tersertifikasi Mill Test dan memiliki sifat mampu las yang sempurna.Proses pengelasan dilakukan dengan metode SMAW dengan menggunakan elektroda E7016. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, cacat pengelasan yang adalah cluster wormhole porosity. Adapun kemungkinan cacat terjadi karena penyimpanan elektroda yang kurang tepat, perlakuan pemanasan elektroda yang kurang tepat, serta intervensi pada cuaca akibat pengelasan dilakukan di tempat terbuka.

Keywords


Cacat, Drying, Elektroda, Pengelasan, Radiografi

References


Alip, M. 1989. Teori dan Praktik Las. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

American Welding Society. 2004. Certification Manual for Welding Inspectors. AWS: Florida.

ASME Boiler & Pressure Vessel Code. 2015. Section II – Material.

API 1104. 2018. Welding of Pipelines and Related Facilities. Washington DC: American Petroleum Institute.

Femiana, Wajan B. 2007. Studi eksdperimental Pengaruh kelembaban Elektroda E 7018 terhadap Kualitas Hasil Pengelasan SMAW Plat Baja ASTM283 Grade A. Proseding Seminar Nasional Pasca Sarjana VII Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Funderburk, R. S.. 1997. Fundamentals of Preheat Welding Innovation. Vol.XIV No.2.

Werktage. 2005. Fundamentals of Joining Technology Welding, Brazing and Adhesive Bonding. German: ISF Aachen.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v2i2.6510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats