Pengaruh Suhu Tuang dan Cetakan Pengecoran Aluminiun Bekas Menggunakan Gravity Die Casting terhadap Kecacatan

Untung Sukamto, Muhammad Fauzan Bawono Putra

Abstract



Pengecoran dilakukan dengan cetakan permanen. Penelitian dilakukan pengecoran untuk menghasilkan produk berupa logo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berukuran 30 cm dengan ketebalan 1 cm menggunakan aluminium bekas berupa piston yang sudah tidak terpakai. Berbahan dasar paduan aluminum cor seri 3xx yang berfokus pada parameter suhu cetakan, dan suhu peleburan.

Pre-heat terhadap tungku selama 45 menit hingga 1 jam. Dengan suhu peleburan yang digunakan 650oC, dan 750oC. Parameter suhu cetakan digunakan pada saat cetakan bersuhu ruang, 150oC, 170oC, dan 230oC. Melalui pengamatan makro sudah cukup untuk menentukan penyebab dari kegagalan pengecoran yang terjadi untuk produk ini.

Setelah penelitian dilakukan terdapat banyak kendala terhadap suhu penuangan di 750oC dimana terak yang terbentuk lebih banyak menimbulkan permukaan kasar. Hasil dari penuangan yang lambat menimbulkan pengecoran tidak sempurna dan dilakukan berkali-kali pada suhu tuang ini. Suhu tuang 650oC ditunjukkan  hasil yang cukup baik tanpa pengulangan pengecoran, dan didapatkan permukaan yang halus dengan kecacatan yang sedikit. Suhu cetakan dengan hasil paling baik ditunjukkan pada suhu 150oC. Pada suhu tersebut didapatkan kecacatan yang paling minimum dibandingkan suhu cetakan lainnya, cacat yang muncul dalam  suhu ini hanya berupa cold shut dan sebuah bercak hitam dibagian depan hasil coran.

 

Kata Kunci : Pengecoran, Aluminium Bekas, Suhu Peleburan, Suhu Cetakan, Cacat


Keywords


Casting; Aluminium Scrap; Melting Temperature; Mold Temperature, Defect

References


Anonim. 2003. Standard Specification for Aluminum-Alloy Die Castings. United States:ASTM Internasional.

Anonim. 2008. Standard Specification for Aluminum-Alloy Permanent Mold Casting. United States:ASTM Internasional.

Anonim. American Standard Testing and Material. https://id.wikipedia.org/wiki/American_Standard_Testing_and_Material. Diakses 22 Juli 2021 pukul 19:36.

Anonim. Aluminium. https://id.wikipedia.org/wiki/Aluminium#Sifat_Mekanik_Aluminium. Diakses 22 Juli 2021 pukul 18:56.

Budiyono, Aris, dan Widayat, widi. 2013. Pemanfaatan Aluminium Skrap Sebagai Bahan Baku Industri Kecil Pengecoran Logam Non ferro Melalui Perlakuan Pada Logam Cair (Solution Treatment) Dengan Rotary Degasser. Semarang : Sainteknol.

Butle,W.A, Timeli G., Battaglia E., dan Bonollo, F.. 2016. Die Casting (Permanent Mold). Elsevier.

Campbell, John . 2003. Castings (Second Edition). Elsevier: United Kingdom.

Capuzzi, Stefano dan Timelli, Giulio. 2018. Preparation and Melting of Scrap in Aluminum Recycling: A Review. Italy : MDPI.

Cholis, Noor Setiawan, dkk. Pengaruh Penambahan Unsur Magnesium(Mg)TerhadapKekerasan dan Struktur Mikro pada Pengecoran Aluminium.

Deter, G. E. 1999. Engineering Design. Mc Graw-Hill.

D. Oza, Ankit dan Patel,Tushar M. 2013. Analysis and Validation of Gravity Die Casting Process using ProCAST. Gujarat : International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management.

E. Dieter. 1961. Mechanical Metallurgy. McGraw-Hill.

Ghosh and A. K. Mallik. 2001. Manufacturing Science. New Delhi: Affiliated East-West Press Private Limited.

Hamasaiid. A, Dargusch M.S, dan Dour G. 2019. The impact of the casting thickness on the interfacial heat transfer and solidification of the castingduring permanent mold casting of an A356 alloy. Elsevier.

John A Schey. 2000. Introduction to Manufacturing Processes, Mcgraw Hill, 3rd Edition.

Campbell. 2003. Casting. Butterworth-Heinemann.

J. B. Bralla. 1998. Design for manufacturability handbook. New York: McGrawhill handbooks, 2nd edition.

Kridli, G.T. 2020. Materials, Design and Manufacturing for Lightweight Vehicles (Second Edition): CHAPTER 7. Elsevier.

Kurniawan, Aang, Widyanto S.A, dan Umardhani Y. 2013. Pengaruh suhu Cetakan Pada Cacat Visual Produk Piston dengan Metode Die Casting. Semarang : Jurnal Teknik Mesin Universitas Diponegoro.

M. F. Ashby. 1999. Material Selection in Mechanical Design. Butterworth-Heinemann.

Otarawanna,S., dan Dahle, A.K. 2011. Fundamentals of Aluminium MetallurgyProduction, Processing and Applications. Woodhead Publishing Series.

Rajkolhe,Rajesh dan Khan,J.G. 2014. Defect, Causes and Their Remedies in Casting Process: A Riview. Shri Sant Gajanan Collage of Engineering: Shegaon.

Ramadhan, Gilang Fajar. 2020. Tugas Akhir Pengaruh Variasi Suhu Tuang Terhadap Tekstur dan Kekerasan Produk Cor Aluminium Bekas Dengan Metode Sand dan Lost Foam Casting. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sanghavi, Chirag, Patil Soham, dan Narayankar S M. 2018. Design and Fabrication of Semi-Automatic Gravity Die Casting Machine. India : International Journal for Scientific Research & Development. P.1.

Satriani, Ajeng Fitria dan Bayuseno, Athanasius priharyoto. 2016. Pengaruh Penambahan Unsur Silikon (Si) pada Shaft Propeller Berbahann Dasar Al-Mg-Si. Semarang : Jurnal Teknik Mesin Universitas Diponegoro.

Sigworth, G. K. 2011. Quality issues in aluminum castings. Fundamentals of Aluminium Metallurgy, 155–184.

Surdia, Tata, dan Chijiwa, Kenji. 2013. Teknik Pengecoran Logam. Jakarta : PT. Balai Pustaka.

Widodo, Basuki. 2009. Optimalisai Temperatur Pemanasan Cetakan Permanen (300OC,350OC, 400OC) Terhadap Sifat Mekanik Paduan Aluminium- Magnesium (SERI 5XXX). Jurnal teknologi Technoscientia.

Yamagata, Hiroshi. 2005. The Science and Technology of Materials in Automotive Engines. Woodhead publishing.

Zhu, Yongxian, Chappuis Laurent B., Kleine Robert De, Kim Hyung Chul , Wallington Timothy J., Luckey George, CooperDaniel R. 2020. The coming wave of aluminum sheet scrap from vehicle recycling in the United States. Resources, Conservation and Recycling




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v2i2.6512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats