PENGARUH PROSES QUENCHING-TEMPERING DALAM MENINGKATKAN SIFAT MEKANIK PIPA LOW CARBON STEEL LOW ALLOY GRADE J55 MENJADI GRADE P110

Agris Setiawan, Herodes Eka Putra Tambunan

Abstract


Baja  adalah  logam  paduan  dengan  besi  sebagai  unsur  dasar dan karbon sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras. Unsur paduan lain yang biasa ditambahkan selain karbon adalah mangan, krom, vanadium, dan nikel. Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Penambahan kandungan karbon pada baja dapat meningkatkan kekerasan dan kekuatan tariknya, namun di sisi lain membuatnya menjadi getas serta menurunkan keuletannya. Proses heat treament atau proses perlakuan panas yang dilakukan terhadap sesuatu material dalam hal ini logam dengan tujuan untuk mendapatkan sifat mekanik tertentu (sesuai dengan keinginan). Untuk mencapai tujuan tersebut pada umumnya dengan melakukan kombinasi pengoperasian antara pemanasan dan pendinginan. Material dipanaskan pada temperature tertentu, ditahan dengan waktu penahanan tertentu dan diikuti dengan pendinginan dengan laju pendinginan tertentu.


Keywords


Baja, Heat treatment

References


Affandi, Muhammad dkk. Analisa Pengaruh Waktu Penahanan pada Proses Quenching-Portitioning Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Baja Jis Sup 9A. Teknik Desain dan Manufaktur. Surabaya : Politeknik Negeri Perkapalan.

Alfianto, Revan Pajar. 2021. Pengaruh Proses Quenching dan Tempering Dengan Variasi Holding Time 10,30 dan 60 menit Terhadap Nilai Kekerasan dan Struktur Mikro Baja Karbon Sedang. Skripsi. Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ginting, Ediman. dkk. Pengaruh Variasi Waktu Tahan Austenisasi dengan Pendinginan Cepat terhadap Kekerasan dan Ketangguhan Baja AISI 1045. 2020. Jurnal Riset. DOI : 10.22146/jfi.v24i1.54038

Haryadi, Gunawan Dwi. Pengaruh Suhu Tempering Terhadap Kekerasan, Kekuatan Tarik dan Struktur Mikro pada Baja K-46.

Irawati, Herlina. 2017. ANALISA PENGARUH VARIASI WAKTU PENAHANAN AUSTENISASI PADA PERLAKUAN PANAS PENGERASAN TERHADAP STRUKTUR MIKRO, NILAI KEKERASAN DAN KEKUATAN IMPAK PADA BAJA KARBON AISI 1050. Tugas Akhir. Industrial Mechanical Engineering. Institute Technology of Sepuluh Nopember, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v2i2.6533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats