STUDI PENGARUH PENAMBAHAN H2O2 TERHADAP KADAR OKSIGEN TERLARUT (DO) DAN % EKSTRAKSI PELINDIAN EMAS DAN PERAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BOTTLE ROLL TEST (BRT) PADA BIJIH EMAS PT CIBALIUNG SUMBERDAYA

Amanda Fahira, Dyah Probowati

Abstract


Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, salah satunya seperti emas. PT. Cibaliung Sumberdaya bergerak dibidang ekstraksi emas. Salah satu proses ekstraksi emas di PT. Cibaliung Sumberdaya yaitu pelindian/leaching. roses pelindian berlangsung selama 7 jam di dalam tangki pertama (Tank CII. 01) dengan volume efektif 485 m Tangki tersebut dilengkapi sistem pengadukan (agitasi) yang berfungsi untuk memperluas kontak antara ore dengan senyawa sianida dan sistem aerator yang bertujuan untuk mempercepat reaksi pelarutan emas.

Dalam proses pelindian, ditambahkan H2O2 atau hidrogen peroksida yang digunakan sebagai oksidator yang akan mengubah CN menjadi CNO pada proses degradasi sianida di TSF (Tailing Storage Facility). Hidrogen peroksida merupakan senyawa yang reaktif, tidak stabil, mudah mengurai dan mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi untuk membebaskan energi (mengurai secara eksotermis) yang salah satu cirinya adalah apabila tersentuh badan atau benda akan terjadi pembebasan panas.

Dalam penginjeksian H2O2 ke dalam tangki leaching memerlukan dosis konsentrasi yang pas agar hasil % ekstraksi Au dan Ag yang dihasilkan dapat semaksimal mungkin.  Variable yang digunakan adalah tanpa H2O2, H2O2 5%, dan H2O2 10%.


Keywords


Leaching, H2O2, % Ekstraksi

References


Angeles, C. A. (2002). Geology and Alteration-Mineralization Characteristics of The Cibaliung Epithermal Gold Deposit. Banten, Indonesia: Resource Geology. 52, 4.

Ciputra Frida Pratama, S. (2010). Pengaruh Penambahan Hidrogen Peroksida pada Sianidasi Emas dari Batuan Emas. Prosiding Tugas Akhir Semester Genap, 1-7.

Dhita Ariyanti, M. S. (2019). Ekstraksi Au Dari Batuan Mineral Dengan Hidrometalurgi Aerasi-Sianidasi Serta Kajian Perbandingan Efektifitasnya Dari Berbagai Metode dan Pelarut . JKPK (JURNAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA, 115-122.

Fika Rofiek Mufakhir, J. M. (2019). Pelarutan Emas pada Pelindian Konsentrat Emas Hasil Roasting Menggunakan Reagen Tiosianat. Jurnal Rekayasa Proses, 24-30.

Fitria, S. S. (2021). Pengaruh Penambahan Viscosity Modifier dan Hidrogen Peroksida (H2O2) terhadap . Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 345-349.

G.F., F. Y. (2020). Proses Ekstaksi Bijih Emas dan Perak. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Rianse, M. S. (2019). Laporan Studi Ekskursi Pertambangan Di Tambang Emas Bawah Tanah PT. Cibaliung Sumberdaya Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasioanal "Veteran" Yogyakarta.

Santosa, D. S. (1992). Peta geologi lembar Cikarang, Jawa [peta] = Geological map of the Cikarang quadrangle, Jawa. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Van Bemmelen, R. (1949). The Geology of Indonesia. Netherland: The Haque: Martinus Nyhoff.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v3i1.6681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats