ANALISIS PENYEBAB DAN PENCEGAHAN KEAUSAN PADA PICK BREAKER PT. GANDA ALAM MAKMUR- SANGKULIRANG, KALIMANTAN TIMUR

indri Ariyanthy Melindah, Riria Zendy Mirahati, Anton Sudiyanto

Abstract


Dalam proses produksi batubara pada PT. Ganda Alam Makmur, alat yang digunakan dalam proses crushing batubara yaitu feeder breaker sering mengalami berbagai masalah salah satunya adalah terjadi keausan pada pick breaker. Oleh karena itu, pemeliharaan atau pemeliharaan yang diperlukan sesuai jadwal dan tidak terjadwal untuk memaksimalkan kinerja seluruh mesin agar dapat beroperasi secara maksimal. Pada dasarnya pemeliharaan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang terjadi di pabrik dan kerap kali ditemui dengan waktu yang tidak menentu, sehingga dengan adanya masalah yang terjadi pada alat peng tersebut maka diperlukan analisis tentang keausan. Keausan adalah bahan dari suatu permukaan atau perpindahan dari permukaannya ke bagian yang lain.Keausan yang terjadi pada suatu materi disebabkan oleh adanya beberapa mekanisme yang berbeda dan terbentuk oleh beberapa parameter yang bervariasi meliputi bahan, lingkungan, kondisi operasi, dan geometri permukaan benda yang terjadi keausan. Keausan yang terjadi pada pick breaker di PT. Ganda Alam Makmur disebabkan oleh adanya gangguan antara batubara dan pemutus arus, pembebanan secara berulang-ulang, dan reaksi kimia pada pemutus arus karena adanya kandungan sulfur yang tinggi pada batubara. Hal tersebut dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu hardfacing dengan kawat cobalarc AUSTEX dan Cobalarc 9e. Hardfacing yaitu teknik las menambah material pada permukaan material atau benda kerja yang lain, dan biasanya digunakan untuk komponen-komponen yang aus atau keropos.

 

Kata Kunci : Feeder Breaker, Pick Breaker, Keausan, Hardfacing, Batubara


Keywords


Feeder Breaker ; Pick Breaker ; Keausan ; Hardfacing ; Batubara

References


Isranuri Ikwansyah, dkk. 2012. Analisa Pengaruh Beban Terhadap Laju Keausan Al-Si Alloy dengan Metode Pin On Disk Test. Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara. Diakses Pada: 17 Desember 2021.

Komaruddin, Harfi Razul. 2012. Analisa Pengaruh Viskositas Pelumas Terhadao Perubahan Temperatur Pada Simulator Alat Uji Pelumas Bantalan. Univestias Pembangunan Nasional "Veteran” Jakarta. Diakses Pada : 17 Desember 2021.

Nia Arista Talitha. 2018. Pengujian Keausan. Laboratorium Metalurgi Fisik Universitas Indonesia. Diakses Pada : 17 Desember 2021.

Ningsih Kurnia Endah, Kaelani Yusuf. 2016. Studi Eskperimen dan Analisa Keausan Journal Bearing Dry Contact pada Rotary Velve Mesin Pembuat Pasta. Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya. Diakses Pada: 17 Desember 2021.

Permana Aditya Bisma. 2016. Studi Eksperimen dan Analisa Laju Keausan Material Alternatif Bearing pada Poros Propeller Kapal. Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya. Diakses Pada: 17 Desember 2021.

Stratasys. 2017. Drum Feeder Breaker.Slidework. Diakses Pada: 04 Desember 2021.

Velina, SalsabiilaAmstead. 2011. Keausan (Wear). Teknik Mesin Universitas Brawijaya. Diakses Pada : 09 Desember 2021.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v3i1.6714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats