Analisis Korosi pada Filter Feed Pump Studi Kasus pada Waste Water Treatment Plant

Muhammad Ichsanudin, Imam Prabowo, M. Nasirudin

Abstract


Pompa sentrifugal merupakan jenis peralatan yang paling banyak digunakan di industri sehingga studi mengenai korosi pada komponen pompa sangat penting dilakukan. Degradasi material melalui korosi merupakan hal yang pasti terjadi baik secara cepat maupun lambat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor terbesar penyebab terjadinya korosi dan menentukan jenis-jenis korosi yang terjadi pada  filter feed pump yang terinstal pada waste water treatment plant. Identifikasi kegagalan dilakukan dengan melakukan pengamatan secara visual dan studi literatur mengenai data-data operasi, inspeksi, perbaikan, dan penggantian di lapangan. Dari data-data tersebut, dilakukan analisis agresivitas fresh water, analisis operasi dan perawatan penyebab kegagalan korosi pada komponen pompa, dan jenis korosi yang terjadi pada komponen pompa. Selain itu, juga dilakukan analisis mengenai kemungkinan kombinasi penyebab kegagalan korosi antara reaksi redoks dengan pembebanan yang menyebabkan stress corrosion cracking dan fatigue corrosion. Berdasarkan studi yang dilakukan, diperoleh bahwa korosi yang terjadi disebabkan karena faktor operasi, perawatan, dan lingkungan. Kesalahan perawatan merupakan kesalahan yang paling dominan sebagai faktor penyebab korosi. Tidak dilakukanya predictive maintenance menyebabkan kerusakan yang luar biasa pada casing cover pompa. Faktor perbedaan oksigen juga menyebabkan kegagalan pada casing, wear ring eye, bearing bracket, dan shaft. Hasil identifikasi jenis-jenis korosi yang terjadi pada komponen filter feed pump antara lain: uniform corrosion, pitting corrosion, crevice corrosion, stress corrosion cracking (SCC), fatigue corrosion, erosion corrosion, and cavitation corrosion.

Keywords


kegagalan; korosi; lingkungan; perawatan; pompa

References


ASTM. 2011. “Standard Specification for Chromium and Chromium-Nickel Stainless Steel Plate, Sheet, and Strip for Pressure Vessels and for General Applications.”

Dieter, G. E., and L. C. Schmidt. 2009. Engineering Design. 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Fontana, Mars G. 1987. Corrosion Engineering. 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Grunfos. 2004. Pump Handbook. Denmark: Grunfos Management.

Güner, Metin, and Mehmet Melih Özbayer. 2019. “Wear and Its Effects in Centrifugal Pumps.” Yuzuncu Yil University Journal of Agricultural Sciences 29(3):569–582. doi: 10.29133/yyutbd.518139.

IKPT. 2017. “IKPT Work File.”

Nelik, Lev. 1999. Centrifugal and Rotary Pumps Fundamentals With Applications. Boca Raton: CRC Press.

Revie, R. Winston, and Herbert H. Uhlig. 2008. Corrosion and Corrosion Control. 4th ed. New Jersey: John Wiley & Sons.

Saputro, Faizal Dwi, and Dwi Sutjahjo. 2018. “Variasi Media Pengkorosi dan Waktu Terhadap Laju Korosi Pada Logam Baja Rendah Karbon ( Mild Steel) dengan Pemodelan Kondisi Sirip Kemudi Kapal"

Utomo, Budi. 2009. “Jenis Korosi Dan Penanggulangannya.” Kapal 6(2):138–141.

Vazdirvanidis, A., G. Pantazopoulos, and A. Rikos. 2017. “Corrosion Investigation of Stainless Steel Water Pump Components.” Engineering Failure Analysis 82:466–473. doi: 10.1016/j.engfailanal.2016.09.009.

www.corrosion-doctors.org. 2017. “Iron Corrosion Products.” Corrosion Doctors. Retrieved (https://www.corrosion-doctors.org/Experiments/iron-products.htm)




DOI: https://doi.org/10.31315/jmept.v3i2.8748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology

Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology indexed by:

 




Journal of Metallurgical Engineering and Processing Technology (JMEPT)



Department of Metallurgical Engineering, UPN "Veteran" Yogyakarta
Metallurgical Research and Development Centre (MRDC)-UPNVY
Gd. Urip Sumohardjo Lt. 2
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281


View My Stats