Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kepramukaan

Remon Matius Richardo Sianturi

Abstract


Praja Muda Karana atau bisa dibilang Pramuka adalah sebuah bagian dari pengembangan potensi diri dan pembentukan karakter bagi generasi milenial yang sesuai dengan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini akan berfokus pada pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kepramukaan di SMK Negeri 4 Sampit, pelaksanaan program kerja yang sudah ditetapkan oleh pembina atau dewan kerja ambalan, kegiatan kepramukaan disaat pandemi Covid-19 dan sebelum pandemi COVID-19 , faktor-faktor apa saja yang akan terjadi di lapangan, dan pemecahan masalah terkait faktor-faktor apa saja yang akan terjadi di lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa, pembina pramuka, dan guru SMK Negeri 4 Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu teknik pengumpulan data secara deskriptif.

Full Text:

PDF

References


Anggadiredja, Jana T dkk. 2011. “Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Pramuka Golongan Penegak” dalam Syarat Kecakapan Umum (Ed. Susi Yuliati dan Deden Syefruddin). Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Anggraini, Rini. 2018. Program Kepramukaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Negeri Jakarta.

Balai Penerbit Gerakan Pramuka. 2007. Petunjuk Penyelenggaraan Kecakapan Khusus tahun 1976. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

__________. 2007. Syarat-syarat dan Gambar Tanda Kecakapan Khusus Gerakan Pramuka tahun 1979. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Elisa dkk. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Gischa, Serafica. 2020. “Apa Arti Kata Pramuka”. Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/28/142926569/apa-arti-kata-pramuka?page=all pada 29 Januari 2021.

Gifari, Aufan. 2018. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Nasionalisme di Lingkungan Sekolah Islam (Studi di Mts AL Falah Pancor Dao Lombok Tengah”. NTB: Universitas Mataram.

Hapsari, Lysa. 2013. “Peran Pembelajaran PKn dan Kegiatan Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Siswa di Man 1 Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kompasiana.com. 2018. “Sistem Among dalam Pramuka”. Diakses dari https://www.kompasiana.com/hendi1516/5c0195c5677ffb471d5bcfe3/sistem-among-dalam-pramuka?page=all pada 28 Januari 2021.

Moleong, J .2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, Ali. 2010. “Strategi Implikasi Pendidikan Budi Pekerti yang Efektif di Sekolah”. Yogyakarta: Dinamika Pendidikan.

Riyanto, Yatim. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sasmito, Yogi Aji. 2018. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di SDN 3 Ngemplak. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Situru, Roberto Salu. 2019. “Pancasila dan Tantangan Masa Kini”. Makasar: Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Surono, Kabul Aris. 2017. “Penanaman Karakter dan Rasa Nasionaisme pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP N 4 Singorojo. Kendal: Indonesia Journal of Conservation.

Wianto, Vincentius Christian Aji. 2020. “Pancasila Sebagai Alat Pemersatu Bangsa”. Diakses dari https://binus.ac.id/character-building/pancasila/pancasila-sebagai-alat-pemersatu-bangsa/ pada 02 Februari 2021. Jakarta: Binus University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.