Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar

Fatihatun Nisa', Hanifa Rizqi Larasati, Yuana Berlianti Supratman

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan pancasila nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di lingkungan sekolah, 2) Mengetetahui apakah mata pelajaran Pancasila penting dan harus tetap ada dalam mata pelajaran wajib di sekolah, 3) Mengetahui apakah nilai-nilai pancasila masih perlu dipertahankan. Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut, maka dalam penelitian ini  menggunakan metode  penelitian deskriptif kualitatif.  Subyek penelitian sebanyak 27 pelajar  di Kabupaten Purworejo.  Metode pengumpulan data menggunakan  survey dengan menyebar google formulir .Hasil penelitian sebagai berikut; (1) Mayoritas pelajar di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sudah mengimplementasikan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (2) Pelajaran Pancasila sangat berperan penting dalam pendidikan karakter pelajar sehingga mata pelajaran pancasila sangat perlu diterapkan di sekolah sebagai mata pelajaran wajib. (3) Nilai-nilai Pancasila masih perlu dipertahankan sebagai karakter dan budaya bangsa.  Dengan adanya pendidikan Pancasila, pelajar dapat mengetahui dasar negara, pedoman hidup dan implementasi dari nilai-nilai Pancasila yang masih perlu dipertahankan.

 

Kata kunci : Pancasila , pelajaran, pelajar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435.g3277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.