Filsafat Pancasila Soekarno sebagai Paradigma Pembangunan Manusia Seutuhnya

Ahmad rifai

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali dan menganalisis filsafat Pancasila oleh Soekarno sebagai paradigma pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif melalui kajian kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dengan menggunakan alat analisis metodis berupa kesinambungan historis, interpretasi dan heuristik atau penemuan baru. Adapun sumber primer yang digunakan adalah pemikiran-pemikiran filsafat Pancasila oleh Soekarno yang digunakan untuk membedah konsep pembangunan manusia seutuhnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa landasan utama konsep pembangunan manusia Indonesia adalah pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dalam pengaplikasiannya diperlukan langkah konkret yang memiliki kesesuaian dengan falsafah negara, yaitu Pancasila. Kedua, Pembangunan manusia Indonesia menganut konsep pembangunan manusia seutuhnya yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup penduduk baik secara fisik, mental maupun spiritual untuk kesejahteraan rakyat Indonesia dalam seluruh aspek kehidupannya. Ketiga, konsep pembangunan manusia Indonesia dalam perspektif filsafat Pancasila oleh Soekarno dimaknai sebagai pembangunan yang tidak sekedar menekankan pada aspek kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong belaka, akan tetapi juga pembangunan pada aspek religiusitas.

Full Text:

PDF

References


Aning, Floriberta (ed). (2016). Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno, Yogyakarta: Media Presindo.

Arif, Syaiful. (2016). Falsafah Kebudayaan Pancasila; Nilai dan Kontradiksi Sosialnya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewantara, W Agustinus. (2017). Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (Indonesia dalam Kacamata Soekarno). Yogyakarta: PT. Kanisius.

Notonagoro.( 1974). Pancasila Dasar Falsafah Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pantjuran Tujuh.

Poespowardojo, S dan Hardjatno, N. J. M. T. (2010). Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pokja Ideologi. Jakarta: Lemhannas.

Rahardjo, Iman Toto K. dan W. K, Herdianto (ed). (2001). Bung Karno, Wacana Konstitusi dan Demokrasi: Kenangan 100 Tahun Bung Karno, Jakarta: Grasindo.

Sekretariat Negara Republik Indonesia.( 1995)..Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Jakarta: Kementerian Setneg.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i2.4974

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i2.4974.g4104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.