Internalisasi Pancasila Pada Lingkup Perguruan Tinggi

Naufalin Akbar Fauzia

Abstract


Keberadaan Pancasila pada perkuliahan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa atas pentingnya menanamkan nilai-nilai kebangsaaan dalam upaya menuntut ilmu. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi dengan kajian kepustakaan dan metode deskriptif-kualitatif bersumber dari buku bahan ajar, jurnal, penelitian ilmiah, dan artikel media massa tentang Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mata kuliah Pancasila lebih efektif menggunakan pendekatan kontekstual dengan mengembangkan potensi akademik, menyiapkan hidup berdampingan di masyarakat, dan membangun budaya hidup sesuai nilai Pancasila. Cara melakukan internalisasi dapat berupa memberikan pengetahuan tentang Pancasila sebagai ideologi negara sehingga mahasiswa menolak ideologi selain Pancasila, memberikan contoh teladan seperti disiplin, sikap toleran, dan sikap kebangsaan, menerapkan praktik dalam pengabdian masyarakat. Upaya meningkatkan pemahaman tentang Pancasila menjadi penting bagi mahasiswa sebagai proses pembentukan karakter bangsa.


Keywords


internalisasi, Pancasila, kemahasiswaan

Full Text:

PDF

References


Eleanora, F.N. dan Sari, A. (2019). RelvanSI Pendidikan Pancasila dan Potret Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Civic Hukum, 4(2), pp. 122-129.

Irawan, B., dkk. (2014). Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pkn di Kelas VIII. Jurnal Kultur Demokrasi, 02, pp. 1-15.

Kaderi, M.A. (2015). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Banjarmasin: Antasari Press.

Kristioni, Natal. 2017. Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Harmony, 2 (2), pp. 193-204.

Nurhayati, dkk. (2020). Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dalam mencegah Rdikalisme di Kalangan Mahasiswa Progra Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prosiding Senantias, 1(1), pp. 337-346.

Prasetyo, D. dan Hastangka. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Epistemologis Pancasila di Perguruan Tinggi. Intergralistik, 32(2), pp. 61-69.

Rafika, A. Pentingnya Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bagi Mahasiswa. Diakses 21 Oktober 2021. Diakses dari

Ridwan, dkk. (2018). Pancasila dan Kewarganegaraan. Bantul: Pustaka Puitika.

Riyanti, D. dan Prasetyo, D. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai di Perguruan Tinggi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), pp. 82-96.

Saragi, D.K. (2021). Hubungan Literasi Pancasila dalam Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1). pp. 46-52.

Suharno. (2020). Urgensi Revitalisasi Pancasila dalam Membangun Karakter Kebangsaan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), pp. 23-33.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i1.5677

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i1.5677.g4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.