Pendidikan Pancasila bagi Mahasiswa di Era Globalisasi

Andini Shafa Saraswati

Abstract


Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila dijadikan sebagai dasar untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai pedoman dan acuan dalam kehidupan. Sebagai ideologi berbangsa dan bernegara Indonesia, Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan hidup Indonesia. Pancasila adalah kristalisasi dari nilai adat, nilai budaya, dan agama dalam pandangan hidup di Indonesia. Nilai dalam Pancasila memiliki seperangkat nilai, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan. Kondisi Indonesia saat ini dapat diidentifikasi dengan melihat perilaku dan kepribadian masyarakat Indonesia yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Globalisasi tidak dapat dihindari, globalisasi membuat semua negara tampak tanpa batas. Untuk itu kita membutuhkan Pancasila sebagai penyaring globalisasi. Dasar Pancasila menjadi tuntunan agar bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang demokrasi dan satu serta tidak terpengaruh dengan budaya luar yang negatif dan tidak sesuai dengan jati diri Indonesia. Perlunya pembudayaan nilai-nilai Pancasila bukan hanya pemahaman, tetapi harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan oleh setiap individu. Kewajiban akan hal tersebut harus diajarkan kepada para insan penerus bangsa, khususnya mahasiswa. Mahasiswa adalah generasi intelektual yang akan membawa dan memimpin Indonesia beberapa tahun kedepan. Sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk saling memahami dan mengimplementasikan Pancasila. Oleh sebab itu, perlu kesadaran untuk menumbuhkan dan melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

 


Keywords


Pancasila, Kewarganegaraan, Pendidikan, Mahasiswa, Globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Darji, Darmodiharjo & Shidarta. (1995). Pokok-Pokok Filsafat Hukum (Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum Indonesia), Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Ketiga.

Hadiwijono, August. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya bagi Mahasiswa, Malang: Universitas Merdeka Malanng.

Asmawoini, Ambiro Puji. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi, Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Erwin, Muhammad. (2013). Metode-Metode Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: PT. refika Aditama.

Zubaidi, Achmad & Kaelan. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Al-Hakim. Suparlan. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hariyono. (2014). Ideologi Pancasila Roh Progresif Nasionalisme Indonesia. Malang: Intans Publishing.

Kaelan. (2005). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sumarsono, dkk. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wiyono, Suko. (2013). Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan berabngsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnudharma Malang.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v3i1.5788

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v3i1.5788.g5428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.