Penguatan Ideologi Pancasila di Kalangan Mahasiswa Saat Ini

Yohana Agil Permata

Abstract


Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan kesepakatan politik pada saat negara Indonesia didirikan. Tetapi melalui perjalanan yang panjang kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila seringkali mengalami banyak konflik dalam aktualisasi nilai- nilainya. Era reformasi sudah banyak membawa perubahan-perubahan nyata yang terjadi pada kehidupan sosial, ekonomi, politik bahkan dalam dunia pendidikan. Pancasila mulai tergeser pada saat terjadi krisis yang menyebebkan keterpurukan di hampir semua bidang kehidupan. Nilai-nilai pancasila yang perlu diturunkan dari generasi ke generasi tersebut dapat disalurkan lewat pengajaran mengenai pancasila pada perguruan tinggi. Pendidikan tentang pancasila pada kurikulum saat ini merupakan mata kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Pendidikan pancasila ialah salah satu cara untuk menanamkan pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang diangkat pada artikel ini ialah seberapa banyak tingkat pengetahuan serta pemahaman mengenai Ideologi Pancasila di kalangan mahasiswa,sebagaimana solusi untuk menguatkan kembali Ideologi Pancasila di kalangan mahasiswa. Pada penelitian ini, data primer didapat peneliti lewat angket atau survey. Angket atau survey yang digunakan berdasarkan cara menjawab yaitu angket atau kuesioner tertutup. Dari penilitian diperoleh hasil yang menerangkan kan bahwa banyak responden pengamalan nilai nilai Pancasila secara signifikan.


Keywords


Pancasila, Nilai, Mahasiswa, Penguatan

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138.

Anugrah, Wendi. 2018. Urgensi Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 123-128.

Aulia, S. S. (2011). Pancasila di Arus Globalisasi Dalam Memperkuat Reformasi Moral Indonesia. Seminar Nasional : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Reformasi, 76–84.

Bahrudin, F. A., & Ngulwiyah, I. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Budaya Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 2(2).

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56.

Elisken, Silviana. 2015. Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Jurnal Humanika, 3(2), 54-67.

Gultom, A. F. (2010). Dialog Transformatif Agama Dan Kekerasan. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 4(2), 279-289.

Heryansyah, Despan. 2014. Tanggung Jawab Pemuda terhadap Masa Depan Pancasila. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 4(21), 607-631.

Khaeri Ramdan, N. (2015). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Global. Humanika, 3(2), 54–67.

Mona, Muhammad. 2020. Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1), 121-138.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v3i2.5890

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v3i2.5890.g5893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.