Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa Dalam Semangat Bela Negara

Eldine Hijra Nurnashira

Abstract


Bela negara adalah sikap dan tindakan warga negara yang dilandasi rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, kerelaan berkorban guna menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan ( ATHG) baik yang datang dari dalam maupun dari luar yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan Negara, keutuhan wilayah, yuridiksi nasional dan nilai –nilai luhur Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia, Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh adanya mata kuliah pendidikan pancasila terhadap mahasiswa dalam usaha mewujudkan semangat bela negara. Metode penelitian yaitu menggunakan metode survei lapangan dengan cara melakukan wawancara langsung, ataupun observasi secara langsung kepada yang bersangkutan. Hasil Temuan    dilapangan    terungkap   bahwa Silabus  disusun  oleh  tim  dosen  Pendidikan Kewarganegaraan   (PKN),   dan   pembuatan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dikembangkan    oleh    masing-masing    dosen, dan beberapa mahasiswa baru di sebagian besar Universitas yang ada di Indonesia menyebutkan bahwa mereka mendapatkan mata kuliah pendidikan pancasila di semester awal kuliah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Keikutsertaan   warga   negara  dalam  usaha bela negara salah satunya diselenggarakan melalui   Pendidikan   Kewarganegaraan, oleh karena    itu    Pendidikan    Kewarganegaraan merupakan    materi    yang    wajib    diberikan pada satuan pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Hasil dari penelitian ini adalah metode yang digunakan dan dirancang dalam SAP, yaitu metode ekspositori, tanya jawab, ceramah, presentasi, diskusi kelompok, observasi, studi kasus, dan problem solving.                                                     


Full Text:

PDF

References


Afifsud. (29 November 2019). “ Wujud dan peran mahasiswa dalam Bela Negara”. Berita dalammedium.com. https://medium.com/@afifsud/wujud-dan-peran-mahasiswa-dalam-bela-negara-62d21e47d046. Diakses : 30 Oktober 2021.

Fakih. (23 Desember 2016). “ Kondisi kehidupan, berbangsa dan bernegara”. Berita dalam kompasiana. https://www.kompasiana.com/muhammadfa. Diakses : 30 Oktober 2021.

SuryaPermana, Deny. (2018). Implementasi proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan bagi pengembangan semangat bela negara mahasiswa. Jurnal lppm unbaja ac.id. hlm. 1-15. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/144/93.




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v4i1.5937

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v4i1.5937.g6450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.