Peran Penting Pendidikan Karakter Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak

allika mawarti

Abstract


Di era yang serba canggih ini, generasi sekarang lebih banyak menggunakan teknologi dibandingkan generasi sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua di era milenial mengiringi penggunaan gadget pada anak dan mengetahui perubahan pendidikan karakter yang telah diajarkan oleh orang tua. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan kepada masyarakat. Hal yang perlu diperhatikan adalah pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Pendidikan dalam keluarga yang akan menjadi landasan budi pekerti dalam bersikap dan bertingkah laku di masyarakat. Namun dengan berkembangnya media dan teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam pendidikan karakter. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak marah jika tidak diberikan gadget atau anak akan bertindak semena-mena jika gadget tersebut diambil. Kondisi ini menunjukkan bahwa ketergantungan anak terhadap gadget cukup tinggi. Tujuan orang tua memberikan gadget pada dasarnya positif, yaitu ingin anak mendapatkan manfaat dari teknologi, namun harus disertai aturan yang jelas untuk mengurangi dampak negatifnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak dini.


Keywords


Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Penggunaan Gadget

Full Text:

PDF

References


Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000-1010.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Pratama, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di perumahan griya andi negara kelurahan Sukabumi Bandar Lampung). (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini.

Warisyah, Y. (2019, June). Pentingnya “pendampingan dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 130-138).

Henderson dan Mapp.(2002). National Standard For Parent/Family Involvement Programs,2004)

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek

Fadilah, Ahmad. (2011). “Pengaruh Penggunaan Handphone (HP) terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP N 66 Jakarta Selatan”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif




DOI: https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i1.6665

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i1.6665.g4282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.