Dinamika Diplomasi Indonesia Terkait Pemenuhan Akses Pendidikan Anak Pekerja Migran Indonesia di Sarawak Malaysia

Authors

  • Hana Novia Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.31315/jsdk.v15i2.8393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana diplomasi pemerintah Indonesia dalam memberikan akses pendidikan anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mayoritas berstatus undocumented di perkebunan kelapa sawit Sarawak Malaysia melalui Community Learning Center (CLC) karena anak-anak tersebut memiliki hak untuk memperoleh pendidikan dasar yang layak. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dibuatlah rumusan penelitian yaitu “bagaimana diplomasi pemerintah Indonesia dalam menangani masalah pendidikan anak PMI undocumented di Sarawak Malaysia?” Dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang bersumber dari data primer, sekunder dan tersier. Penelitian ini mengimplementasikan konsep kepentingan nasional dan diplomasi multi jalur yang meliputi jalur pertama atau pemerintah juga jalur ketiga atau kelompok bisnis untuk menjawab pertanyaan penelitian dalam artikel jurnal ini. Temuan yang didapat dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa pemerintah Indonesia melakukan diplomasi yang relatif panjang dengan pemerintah Malaysia untuk mendirikan CLC di Sarawak Malaysia yang merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah Indonesia dalam memenuhi pendidikan anak PMI yang mayoritas undocumented dimanapun mereka berada.

Kata Kunci: Pemerintah Indonesia, Malaysia, Sarawak, Pendidikan, Community Learning Center (CLC)

Published

2023-07-21