Kajian Teknis Produksi Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Pada Kegiatan Pengupasan Overburden Di Pit Blok 4 PT Inti Bara Perdana, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu

Sabrina Sabrina, Ketut Gunawan, Barlian Dwinagara, Inmarlinianto Inmarlinianto, Kristanto Jiwo Saputro

Abstract


PT Inti Bara Perdana (PT IBP) merupakan salah satu perusahaan pertambangan dengan komoditas batubara yang berada di Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi nilai produksi alat mekanis yang digunakan dalam pengupasan lapisan tanah penutup di tambang batubara Pit Blok 4 PT IBP. Target produksi sebesar 766.800 BCM/bulan yang ditetapkan pada bulan Januari 2023 tidak tercapai pada tiga unit excavator Caterpillar 395, yang merupakan unit terbesar perusahaan. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, pengambilan data primer dan sekunder melalui observasi lapangan, serta pengolahan dan analisis data untuk menemukan solusi terhadap masalah yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai produksi alat gali muat dan alat angkut pada pengupasan overburden hanya mencapai 70% dan 69% dari target yang ditetapkan. Untuk meningkatkan produksi alat, dilakukan beberapa upaya perbaikan. Pertama, dilakukan perbaikan front penambangan dan menerapkan metode pemuatan double back-up loading. Selain itu, dilakukan penambahan jumlah curah pemuatan alat angkut pada fleet 2 dan fleet 3. Selanjutnya, dilakukan perbaikan lebar jalan angkut untuk meningkatkan waktu edar alat angkut, serta menggunakan simulasi rimpull untuk memperoleh nilai travel time baru. Setelah implementasi upaya perbaikan tersebut, hasil produksi secara teoritis mengalami peningkatan. Nilai produksi alat gali muat meningkat menjadi
775.106,35 BCM/bulan, sementara nilai produksi alat angkut meningkat menjadi 767.741,20 BCM/bulan. Persentase pencapaian produksi setelah perbaikan mencapai 101% dan 100% dari target produksi yang ditetapkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan terhadap faktor-faktor yang menyebabkan ketidakcapaian target produksi. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh PT IBP untuk meningkatkan nilai produksi alat pada setiap fleet penambangan, mencapai target produksi yang ditetapkan, dan mengatasi masalah yang dihadapi.


Keywords


Produksi; alat mekanis; target produksi; rimpull; simulasi;

Full Text:

PDF

References


Abramson, W.L. et al. (1996). Slope Stability and Stabilization Methods. Canada: John Wiley & Sons Inc. Edisi I.

(AASTHO), A. A. (2018). A Policy on Geometric Design of Highways and Streets, 7th Edition . American Association of State Highway and Transportation Officials (AASTHO).

Amir, F., Fanani, Y., & Sari, A. S. (2021). Analisis Produktivitas Alat Gali Muat dan Alat Angkut Pada Penambangan Batugamping PT Semen Indonesia Tbk, Kabupaten Tuban Jawa Timur. SEMITAN III ITATS, Vol. 3 No. 1.

Anisari, R. (2016). Produktivitas Alat Muat dan Alat Angkut Pada Pengupasan Lapisan Tanah Penutup di Pit 8 Fleet D PT Jhonlin Baratama Jobsite Satui Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin.

Assidiqi, A., Rosalinda, & Wiratama, J. (2022). Optimalisasi Produktivitas Alat Gali Muat dan Angkut pada Kegiatan Pengupasan Overburden untuk Mencapai Target Produksi. Jurnal Geosapta, Vol. 8 No. 2.

Bargawa, W. S. (2018). Perencanaan Tambang. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan, UPN "Veteran" Yogyakarta.

Darman, F. H. (2000). An Outline of the Geology of Indonesia. Jakarta: Indonesian Association of Geologists.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosis. Jurnal Varian, 31-36.

Frudis, I. E., Mardinah, & J, P. (2018). Kajian Teknis Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Pada Pencapaian Pengupasan Overburden 1.120.000 BCM Di Pit Taman Tambang Air Laya Bulan September 2016 PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Gafoer, S. A. (1992). Geologi Lembar Bengkulu, Sumatera Skala 1:250.000. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Hustrulid, W. K. (2013). Open Pit Mine Planning & Design 3rd Edition - Fundamental: vol 1. Netherland: CRC Press/Balkema.

Imansyah, N. (2011). Menentukan Waktu Baku Untuk Mempersingkat Proses Pelayanan Bongkar Muat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Inc, C. (2020). Caterpillar Handbook. 49th Edition. Peoria, Illinois: Caterpillar Inc.

Indonesianto, Y. (2014). Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Jurusan Teknik Pertambangan. UPN "Veteran" Yogyakarta.

Kabasarang, D. C., Setiawan, A., & Susanto, B. (2016). Uji Normalitas Menggunakan Statistik Jarque-Bera Berdasarkan Metode Bootstrap. LSM XXI, 245 - 256.

Klanfar, M. (2021). Influence of Chrused rock Properties on The Productivity of a Hydraulic excavator. Applied Science.

Nurwaskito, A., Jamaluddin, & Widodo, S. (2015). Optimalisasi Produktivitas Alat Muat Dan Alat Angkut Dalam Mencapai Target Produksi Pada Pt. Semen Bosowa Kabupaten Marosprovinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Geomine.

Oemiati, N., Revisdah, & Rahmawati. (2020). Analisa Produktivitas Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Pada Pengupasan Lapisan Tanah Penutup (Overburden). Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil, Vol. 6 No.3.

Oktafian, N., & Sumarya. (2003). Evaluasi Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktivitas Dump Truck pada Pengangkutan Batubara dari Loading Point ke Stockpile di Site Ampelu PT. Nan Riang Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Jurnal Bina Tambang, Vol. 3 No. 4.

Projosumarto, P. (1996). Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung: Departemen Pertambangan Insitut Teknologi Bandung.

Purnomo, H. (2004). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v9i1.10523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sabrina Sabrina, Ketut Gunawan, Barlian Dwinagara, Inmarlinianto Inmarlinianto, Kristanto Jiwo Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats