Rancangan Jalan Angkut Untuk Mencapai Target Produktivitas Alat Angkut Komatsu Hd785-7 Pada Pengangkutan Overburden Di Pit Kgu Pt Putra Perkasa Abadi Jobsite Pt Borneo Indobara, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Naomita Salsavilla Nova Regiana, Barlian Dwinagara, Rika Ernawati, Indri Lesta Siwidiani

Abstract


PT Putra Perkasa Abadi (PPA) merupakan salah satu perusahaan kontraktor pada PT Borneo Indobara (BIB) yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka dengan metode open pit. Aktivitas penambangan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Pengangkutan overburden menjadi salah satu faktor yang penting dalam mencapai target produksi. Salah satu syarat pada kegiatan pengangkutan yaitu dibutuhkan jalan angkut yang baik. Produktivitas alat angkut aktual dengan jarak angkut 2,3 km hanya mencapai 84,38% dari target produktivitas yang ditentukan perusahaan. Faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas adalah pada waktu edar alat angkut, terutama pada waktu pengangkutan muatan dan kembali kosong. Hal ini dikarenakan terdapat segmen jalan angkut dengan geometri tidak standar menyebabkan rata-rata kecepatan alat angkut tidak dapat memenuhi target kecepatan. Rencana kemajuan penambangan pada bulan Maret 2023 juga akan mendesak segmen jalan angkut tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancangan geometri jalan angkut sesuai standar parameter perusahaan dan mengetahui produktivitas alat angkut setelah dilakukan alternatif pembuatan jalan baru. Lebar minimum pada jalan lurus diperoleh sebesar 25 m dan lebar minimum pada jalan tikungan sebesar 28 m. Pada rancangan jalan angkut baru ini direncanakan dengan geometri lebar lurus dan tikungan sebesar 30 m dengan pertimbangan agar tidak mengganggu lalu lintas pengangkutan ketika dilakukan perbaikan jalan. Geometri radius tikungan dibuat sebesar 50 m sesuai standar perusahaan, superelevasi 4% dengan beda tinggi tepi dan dalam tikungan sebesar 1,2 m menyesuaikan dengan radius tikungan dan kecepatan maksimum yang direncanakan sebesar 40 km/jam, cross slope sebesar 2% dengan beda tinggi pada bagian tengah jalan sebesar 30 cm, dan grade jalan maksimum 7% menyesuaikan kondisi topografi. Pembentukan jalan angkut menggunakan metode cut and fill dengan volume material hasil pemangkasan sebesar 75.354,12 BCM, sedangkan kebutuhan volume untuk penimbunan adalah sebesar 8.022,51 BCM, dan sisa material hasil pemangkasan sebesar 67.331,61 BCM dibuang pada disposal. Produktivitas alat angkut setelah dilakukan alternatif pembuatan jalan angkut baru berdasarkan simulasi rimpull sebesar 116,45 BCM/jam atau mencapai 103,62% dari target produktivitas sebesar 112,38 BCM/jam


Keywords


Geometri; Hauling; Tambang; Produktivitas; Waktu Edar; Pengangkutan; Overburden

Full Text:

PDF

References


Anisari, R. (2016). Produktivitas Alat Muat dan Angkut pada Pengupasan Lapisan Tanah Penutup di Pit 8 Fleet D PT Jhonlin baratama Jobsite Satui Kalimantan Selatan. Jurnal ITEKNA, Vol. 16 No. 1.

Burt, C. N., & Caccetta, L. (2018). Equipment Selection for Mining: With Case Studies. Springer.

Hustrulid, W., Kuchta, M., & Martin, R. (2013). Open Pit Mine Planning & Design (3rd ed., Vol. I). United States of America: CRC Press, Taylor & Francis Group.

Kaufman, W. W., & Ault, J. C. (1977). Design of Surface Mine Haulage Roads—A Manual. Washington: United States Department of Interior, Bureau of Mines.

Nichols, H. L., & Day, D. A. (2005). Moving The Earth: The Workbook of Excavation 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Novita, D., & Kusumah, K. D. (2016). Karakteristik dan Lingkungan Pengendapan Batubara Formasi Warukin di Desa Kalumpang, Binuang, Kalimantan Selatan. Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral, Vol.17 No. 3.

Peurifoy, R. L., Schexnayder, C. J., & Shapira, A. (2006). Construction Planning, Equipment, and Methods Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Prodjosumarto, P. (1996). Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Rochim, N., Triantoro, A., & Hakim, R. N. (2021). Evaluasi Kondisi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri Untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Angkut pada PT Madhani Talatah Nusantara. Jurnal Himasapta, Vol. 6 No. 1, Hal. 27-32.

Rochmanhadi. (1992). Alat-alat Berat dan Penggunaannya. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Schiess, P., & Whitaker, C. A. (1986). Road Design and Construction In Sensitive Watersheds. Rome, Italy: Food and Agiculture Organization of the United Nations.

Sukirman, S. (1999). Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.

Suwandhi, A. (2004). Diklat Perencanaan Tambang Terbuka: Perencanaan Jalan Tambang. Bandung, Indonesia: Universitas Islam Bandung.

Tannant, D. D., & Regensburg, B. (2001). Guidelines for Mine Haul Road Design. Vancouver: University of British Columbia.

Thompson, R. J. (2011). Mining Roads: Mine Haul Road Design, Construction & Maintenance Management. Australia: Curtin University.

Wedhanto, S. (2009). Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yusup, D., Purnomo, H., Mohamad, M. A., & Putra, B. P. (2022). Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Tambang pada Kegiatan Pengupasan Overburden PT Bara Prima Pratama Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, Vol. 17, Hal. 652-663.

_____(2018). Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No. 1827 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

_____(2005). Specifications & Application Handbook (26th ed.). Japan: Komatsu.

_____(2016). Off Highway Dump Truck HD 785-7. Japan: Komatsu.

_____(2019). Hydraulic Excavator PC 2000-8. Japan: Komatsu.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v9i1.10531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Naomita Salsavilla Nova Regiana, Barlian Dwinagara, Rika Ernawati, Indri Lesta Siwidiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats