ANALISIS PERBANDINGAN REKOMENDASI KEBUTUHAN POMPA DENGAN PENAMBAHAN UNIT POMPA DAN PENINGKATAN RPM POMPA, STUDI KASUS DI PIT 01 PT. BANJAR BUMI PERSADA, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN

Marchell Yulfanzah Yulantoro, Tedy Agung Cahyadi, Ketut Gunawan, Peter Eka Rosadi, M. Khalid Syafrianto

Abstract


PT Tata Bara Utama merupakan kontraktor dari PT Pada Idi yang bergerak di bidang pertambangan batubara. PT Tata Bara Utama menetapkan terget produktivitas pengupasan lapisan tanah penutup sebesar 200 BCM/Jam dengan 2 fleet penambangan pada bulan Maret 2023. Produktivitas pada saat dilakukannya penelitian belum memenuhi target produktivitas yang sudah ditetapkan sehingga berdampak pada terlambatnya pengambilan batubara.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab target produksi belum tercapai dan menentukan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas di PT Tata Bara Utama. Berdasarkan perhitungan, produktivitas alat gali muat saat ini sudah mencapai target produktivitas yang mana nilainya untuk fleet 1 sebesar 269 BCM/Jam dan fleet 2 sebesar 252 BCM/Jam. Untuk  produktivitas alat angkut kedua fleet belum mencapai target yang mana nilainya untuk untuk fleet 1 sebesar 165 BCM/Jam dan fleet 2 sebesar 147 BCM/Jam.Berdasarkan hasil penelitian penyebab tidak tercapainya target produktivitas adalah lebar front area penambangan dan kecepatan alat angkut yang belum efisien sehingga menyebabkan cycle time  alat angkut menjadi tinggi.Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target produksi yaitu pelebaran area front penambangan dan simulasi rimpull  untuk meningkatkan kecepatan alat angkut yang nantinyaakan mengoptimalkan cycle time alat angkut. Setelah perbaikan didapatkan produktivitas alat angkut menjadi 229 BCM/Jam untuk fleet 1 dan 201 BCM/Jam untuk fleet 2.


Keywords


Produktivitas alat mekanis, target produktivitas, simulasi rimpull, pelebaran front

Full Text:

PDF

References


PT. Banjar Bumi Persada. (2022). Curah Hujan Tahunan Tahun 2019 – 2021. Engineering Department.

Data Iklim Harian Tahun 2012 – 2019. (2019). Pusat Database BMKG: https://dataonline. bmkg.go.id/data_iklim. Diakses pada Februari 2022.

Asdak. (2010). Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sularso dan Haruo Tahara. (2006). Pompa dan Kompresor. Jakarta: Pradnya Paramita.

Soewarno. (1995). Hidrologi: Aplikasi Metode Statistik untuk Analisis Data. Bandung: Nova.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI Offset.

Gautama, R. S. (2019). Sistem Penyaliran Tambang. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Wibowo, Y. G., Zahar, W., Nasri, MZ., dan Maryani, A. T. (2018). Studi Kasus Perencanaan Pompa pada Tambang Terbuka Pit Donggang Utara Blok 32, PT Buana Bara Ekapratama. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 10 (2) pp. 115-124.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v9i2.11878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marchell Yulfanzah Yulantoro, Tedy Agung Cahyadi, Ketut Gunawan, Peter Eka Rosadi, M. Khalid Syafrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats