PENYELIDIKAN GEOMAGNET UNTUK PENDUGAAN BIJIH BESI PT BERKAH ALAM SEMESTA DI DESA BANA KECAMATAN BONTOCANI, KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN

Winda Winda, Herianto Herianto, Untung Sukamto

Abstract


PT. Berkah Alam Semesta (PT. BAS) melakukan eksplorasi guna mengetahui keberadaan bijih besi di daerah izin usaha pertambangan yang dimiliki. Metode yang dapat memberikan gambaran lokasi penyebaran terdapatnya bijih besi secara tidak langsug yaitu menggunakan metode geofisika. Bijih besi adalah benda logam yang memiliki sifat kemagnetan sehingga metode geofisika yang paling cocok digunakan adalah Geomagnet  Penyelidikan dengan menggunakan geomagnet bermanfaat untuk mengetahui keberadaan benda magnetik di bawah permukaan bumi dengan menangkap intensitas magnetik total.

Tujuan Penelitian ini adalah mendapatkan data anomali magnetik dari setiap lintasan pengukuran yang telah diukur, sehingga dapat menduga penyebaran bijih besi pada daerah tersebut.

Pengambilan data Geomagnet menggunakan Magnetometer G-816 dan GEM SYSTEM 19-T dan pengolahan data menggunakan dan pengolahan data menggunakan program surfer 10 dan Magpick untuk mengetahui penyebaran bijih besi serta program Mag2dc untuk estimasi kedalaman bijih besi.

Setelah di lakukan pengambilan, pengolahan dan interpretasi data maka dapat diketahui . Lintasan yang dianggap prospek untuk diteliti lebih lanjut dengan metode geolistrik adalah lintasan S9,T1,L berada di sebelah Barat lokasi penelitian dan lintasan M,N,O,P berada di sebelah Timur Laut lokasi penelitian. Hal ini bisa dilihat pada peta penampang anomali magnetik. Hasil dari pengolahan menggunakan program mag2dc kedalaman bijih besi diperkirakan pada kedalaman 40-50m dari permukaan.

KataKunci  :Geofisika, Geomagnet, software ; surfer 10, magpick, dan mag2dc


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v1i1.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats