RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI BUKIT CHEEROKE PT. ANTAM. (Persero) Tbk UBPN SULAWESI TENGGARA KECAMATAN POMALAA KABUPATEN KOLAKA

I Made Dermawan Mega Putra, Waterman Sulistyana Bargawa, Indah Setyowati

Abstract


PT Antam (Persero).Tbk UBPN Sultra adalah badan usaha milik Negara yang bergerak di sektor pertambangan dan pengolahan bijih nikel yang  memiliki wilayah IUP yang berlokasi di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. PT Antam Tbk mempunyai beberapa front penambangan, salah satunya Bukit Cheeroke. Sistem penambangan yang digunakan adalah tambang terbuka dengan metode open cast. Bijih nikel yang ditambang mempunyai kadar Ni >1,8%. Endapan bijih nikel pada Bukit Cheeroke mempunyai kadar Ni >1,8% berada di daerah yang relatif datar sehingga diperlukan metode penambangan yang tepat sesuai dengan keadaan endapan bijih nikel dengan kemajuan penambangan per bulan sampai dengan mine out.

Desain yang dibuat untuk mencapai target produksi 1600 ton/hari di Bukit Cheeroke harus memperhatikan kondisi endapan bijih nikel tersebut. Dimensi penambangan direncanakan sesuai dengan rekomendasi PT Antam Tbk yaitu: tinggi jenjang 6 m, lebar jenjang 3 m dengan single slope 60o.

Berdasarkan data cadangan yang diperoleh dari blok model didapat cadangan 153.755 ton dengan kadar Ni 1,8% dengan umur tambang selama 5 bulan dengan metode penambangan yang digunakan adalah open pit secara selektif. Hasil rancangan pada bulan pertama sebesar 26.734 ton dengan waste 40.443 ton. Selanjutnya pada bulan kedua bijih nikel yang tertambang sebesar 32.747 ton dengan waste yang terbongkar 39.970. Pada bulan ketiga bijih nikel yang tertambang sebesar 33.175 ton dengan waste yang terbongkar 38.413 ton. Pada bulan keempat bijih nikel yang tertambang sebesar 32.677 dengan waste yang terbongkar 36.843 ton dan pada bulan kelima bijih nikel yang terbongkar sebesar 28.422 ton dengan waste yang terbongkar 38.223 ton.

Berdasarkan perhitungan dimensi jalan diperoleh lebar jalan angkut adalah 5m untuk jalan lurus dengan nilai cross slope 1,72° dan 9m untuk jalan tikungan dengan nilai superelevasi 0,0395m/m dengan kebutuhan alat perbulan 2 alat gali dengan 9 alat angkut .

Setelah dilakukan rancangan desain penambangan pada bukit cheeroke didapat bahwa mampu memenuhi target produksi yang telah ditetapkan, disarankan untuk terus melakukan evaluasi kadar blok model dengan realisasi lapangan agar kadar bijih nikel yang ditambang sesuai dengan kadar blok model

Kata Kunci : Nikel, Rancangan Teknis, PT. ANTAM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Teknologi Pertambangan by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jtp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats