KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI CENTRAL BUSANG BLOK 5D PT TANITO HARUM TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR

Khabib Sofyan Hermawan, Kresno Kresno, Indun Titisariwati

Abstract


PT. Tanito Harum pabrik terletak di kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Aktivitas pengupasan untuk Central Busang blok 5D dilakukan oleh PT.RCI (RPP Contractors Indonesia) dengan system back filling. Target produksi Pengupasan Overburden adalah 370.000 BCM/Bulan. Waktu kerja yang tersedia yaitu 20,3jam/hari dengan menggunakan 2 shift/hari.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa kemampuan alat muat dan alat angkut dalam kegiatan pengupasan Overburden di Central Busang Blok 5D pada tanggal 1 mei sampai dengan 29 Juni 2013. Kegiatan penambangan menggunakan alat-alat mekanis berupa alat gali muat back hoe Komatsu PC2000 sebanyak 1 unit. Alat angkut dump truck Komatsu HD 785-7 sebanyak 4 unit.

Jarak PT.Tanito Harum ke lokasi penambangan adalah ± 10km. Pola pemuatan yang digunakan top loading dan single truck back up. Kemampuan produksi overburden saat ini adalah 361.779 BCM dengan efisiensi kerja 77,71% dan belum memenuhi target. Hal ini disebabkan karena adanya hambatan – hambatan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan produksi agar target produksi sebesar 370.000 BCM/Bulan terpenuhi. Dalam hal ini masih terdapat kekurangan produksi sebesar  8.221 BCM. Upaya peningkatan produksi dilakukan dengan cara mengurangi hambatan sehingga didapatkan efisiensi kerja yang lebih baik. Setelah mengurangi hambatan-hambatan kerja, waktu kerja efektif dari yang semula adalah 77,71% menjadi 81,69% dan kemampuan produksi dari 362.779 BCM menjadi 371.661 BCM. Dengan demikian alat muat dan alat angkut sudah memenuhi target produksi.

Kata Kunci: Overburden, efisiensi kerja, produksi, alat muat, alat angkut.


Keywords


Overburden, efisiensi kerja, produksi, alat muat, alat angkut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Teknologi Pertambangan by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jtp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats