Rencana Kebutuhan Alat Muat dan Alat Angkut Untuk Mencapai Target Produksi 16250 LCM pada Penambangan Batu Andesit PT Surya Watu Kencana, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kresno Kresno, Bobby Sanjaya Ginting, Abdul Rauf

Abstract


PT. Surya Watu Kencana (PT. SWK) merupakan salah satu perusahaan pertambangan batu andesit yang terletak di Dusun Plampang, Desa Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini PT. SWK berencana membuka kuari baru yaitu kuari II dengan metode penambangan yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu dengan metode kuari (quarry). Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan pada kuari II agar target produksi 16250 LCM tercapai.. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kamampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menghitung keserasian kerja antara alat muat dan alat angkut. PT. SWK menetapkan target produksi sebesar 1000 ton/hari pada kuari yang akan dibuka. Untuk mencapai target produksi, penambangan di PT. SWK mengunakan alat mekanis yang sama dengan kuari sebelumnya yaitu Excavator Volvo EC210B dan Dump Truck Toyota Dyna 130HT. Dari hasil penelitian di lapangan didapatkan cycle time alat muat sebesar 16,97 detik dan cycle time alat angkut sebesar 1386,97 detik dengan nilai efisiensi 57 % untuk alat muat, sedangkan 62 % untuk alat angkut. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan kemampuan produksi Excavator Volvo EC210B sebesar 1154,263 ton/hari dan Dump Truck Toyota Dyna 130HT sebesar 105,806 ton/hari untuk kuari II. Demikian kebutuhan alat muat Excavator Volvo EC210B untuk kuari yang akan dibuka yaitu 1 unit dan kebutuhan Dump Truck Toyota Dyna 130HT yaitu sebanyak 10 unit. Fator keserasian kerja (Match Factor) yang diperoleh untuk kuari yang akan dibuka adalah 0,97.

Keywords


Produksi; Alat muat dan angkut; Kuari

Full Text:

PDF

References


Anton, Sudiyanto, 2015, Analisis Kelayakan Ekonomi Rencana Penambangan Batu Andesit Di Desa Hargorejo, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

Aris, Fikry Munandar, 2018, Evaluasi Kinerja Unit Crushing Plant Batu Andesit pada PT Silva Andia Utama di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Burt,C. N., & Caccetta, L. (2007). Match Factor For Heterogeneous Truck And Loader Fleets. International Journal Of Mining, Reclamation And Environment. 21(4), 262-270.

Caterpillar, 2013, Caterpillar Performance Handbook, Edition 46. Peoria, Illinois, U.S.A Eugene.

P, Pfleider, 1972, “Surface Mining 1st Edition”, The American Institute of Mining, Metallurgical and Petroleum Engineers, New York.

Hustrulid, W . and M. Kuchta. 2013. Open Pit Mine and Design, Vol 1: Fundamentals.

Rotterdam:A.A. Balkema. Kaufman, Walter W. and James C. Ault, 1997. Design of Surface Mine Houlage Road – Manual. Washington: United States Department of The Interior, Bereau of Mines.

Peurifoy, R. L., Ledbetter, W. B., (1988), Perencanaan, Peralatan dan Metode Konstruksi, Jilid 1, Terjemahan Djoko Martono Ir., Constuction Planning Equipment, And Methods, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tannant, Dwayne D. And Bruce Regensburg, 2001 . Guidelines for mine houl road design, Scool of Engineering University of British Columbia.

Thompson, R 2011b, Mining Roads, Mine Haul Road Design, Construction & Maintenance Management, Western Australia School of Mines, Curtin University, Perth. Van Bemmelen, R.W.1949. The Geology of Indonesia, volume 1. A.Haque. Netherlands.

Waterman, Sulistyana bargawa. 2015. Perencanaan Tambang. Yogyakarta: Prodi Teknik Pertambangan, UPN “V” Yogyakarta.

Yanto, Indonesianto. 2014. Pemindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan, UPN ”V” Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v7i1.9100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kresno Kresno, Bobby Sanjaya Ginting, Abdul Rauf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats