KAJIAN TEKNIS UNIT PEREMUK ANDESIT DI PT.HARMAK INDONESIA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ferian Putra Pratama, Untung Sukamto, Indun Titisariwati

Abstract


PT. Harmak Indonesia adalah salah satu perusahaan pertambangan yang memiliki unit peremuk andesit dengan menghasilkan ukuran butir tertentu.Unit peremuk tempat penelitian ini dilakukan terletak di Dusun Clapar III, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji permasalahan secara teknis dari rangkaian unit peremuk andesit. Proses peremukan tahap petama (primary crushing) batu andesit menggunakan jaw crusher Shaorui SJ 600-900, untuk peremukan tahap kedua (secondary crushing) menggunakan jaw crusher Shaorui SJ 250-1200, dan untuk tahap peremukan ketiga (tertiary crushing) menggunakan cone crusher Shaorui SC – 110. Terdapat 3 fraksi produk akhir peremukan yaitu ukuran -20 +10 mm atau disebut produk split -10 +5 mm atau disebut produk chipping dan -5mm atau disebut produk abu batu. Hasil dari analisis menunjukkan tidak tercapainya persentase fraksi yang diinginkan dimana saat ini baru mencapai 24,7 ton/jam dan kurangnya fraksi -20 +10 mm atau produk split yang merupakan produk utama dari unit peremuk PT. Harmak Indonesia dengan target produksi yang diinginkan sebesar ≥70% sehingga dan diperlukan adanya peningkatan produksi guna mencapai target produksi perusahaan sebesar 55,5 ton/jam. Kajian produksi unit peremuk PT. Harmak Indonesia, membutuhkan analisis mengenai distribusi umpan dan produk tiap alat peremuk, efektifitas alat, efisiensi screen, reduction ratio dan waktu kerja efektif. Perbaikan yang dilakukan untuk memenuhi target produksi dari perusahaan yaitu adanya penambahan umpan yang sebelumnya 45,5ton/jam menjadi 55,5 ton/jam dan perubahan setting pada salah satu alat peremuk yaitu teritary cone crusher, dimana semulanya close setting yang digunakan adalah 20 mm dinaikan menjadi 25 mm. Dari adanya perbaikan tersebut maka akan terjadi perubahan pada reduction ratio dari alat tersebut terhadap produk yang dihasilkan. Hasil yang didapatkan dari alternatif perbaikan yang diberikan, yaitu target produksi meningkat menjadi 55,5 ton/jam dan presentase produk yang dihasilkan yaitu dari fraksi -20+10 mm atau disebut produk split mengalami kenaikan ≥70%, kemudian fraksi -10+5 mm atau produk chipping menjadi ≤15% dan fraksi -5 mm atau produk abu batu sebesar ≤15%. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan yang diharapkan perusahan.

Keywords


unit peremuk; andesit; pertambangan

Full Text:

PDF

References


Currie, J. M., 1973, Unit Operation In Mineral Processing, Departement of Chemical and Metallurgi Technology Burnaby, British Colombia.

Daryanto, 1989.” Konsep Belt Conveyor ”, Jakarta.

Drzymala,Jan, 2007, Mineral Processing 1 Edition, Wiroclaw University of Technology, Wiroclaw, Polandia.

Gaudin, A. M. , 1939, Principles Of Mineral Dressing, Mc Graw Hill Book Company,Inc, New York.

Muhammad Oktakusgara, dkk. (2015). Kajian Perbandingan Produktivitas Hopper Dan Alat Angkut Untuk Mengatasi Masalah Antrian Alat Angkut Dan Meningkatkan Produktivitas Hopper TL 3 Banko Barat PT Bukit Asam, jurnal prosiding teknikpertambangan,gelombang 2, 2015.

Partanto Prodjosumarto, 1995, Pemindahan Tanah Mekanis, Diktat Kuliah, Jurusan Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Bandung. 204 halaman

Taggart, A. F., 1964, Handbook of Mineral Dressing, John Wiley and Sons, Handbook Series, Colombia University New York.

Wills, B. A.,2006, Mineral Processing Technology, Elsevier Science and Technology Books, Queensland, Australia.

Winanto A.,dkk, 2018, Pengolahan Mineral, Program Studi Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Zainuri,Muhib.Ach, 2006,” Material Handling Equipment “, Malang.

, Basics in Mineral Processing, Metso Mineral Inc, Finland.

, Jaw crusher - SJ Series, Shaorui Heavy Industries, China.

, Cone crusher – SC Series, Shaorui Heavy Industries, Ch




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v7i2.9115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ferian Putra Pratama, Untung Sukamto, Indun Titisariwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats