KAJIAN TEKNIS PENGONTROLAN GROUND VIBRATION LEVEL PADA OPERASI PELEDAKAN BEDROCK SOROWAKO EAST DAN WEST AREA PT VALE INDONESIA TBK, SOROWAKO KECAMATAN NUHA KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN

Arwan Wira Yudha, R. Hariyanto, Hasywir Thaib Siri, Ketut Gunawan, Indri Lesta Siwidiani

Abstract


PT Vale Indonesia Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha pertambangan dengan komoditas tambang utamanya adalah mineral logam yang berupa nikel laterit dan berada di Sorowako Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Bedrock dari komoditas tambang nikel laterit tersebut dimanfaatkan sebagai material penguatan bersama dengan material slag dan reject yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan dyke, disposal dan main haul road. Pembongkaran bedrock dilakukan dengan metode pengeboran dan peledakan. Salah satu masalah yang sering timbul akibat kegiatan peledakan adalah efek getaran tanah (ground vibration). Tercatat pada bulan Januari hingga Maret 2020 nilai peak particle velocity (PPV) mencapai 3,5 mm/s pada jarak 420 meter di Sorowako east dan telah melebihi standar ambang batas nilai PPV terhadap bangunan sekitar. Menurut SNI 7571 : 2010 efek peledakan pada salah satu quarry Sorowako east dikatakan tidak aman terhadap bangunan dan kebun warga sekitar. Bangunan warga yang masuk ke dalam radius safe distance peledakan tergolong bangunan kelas II “jenis bangunan dengan pondasi, pasangan bata dan adukan semen saja, termasuk bangunan dengan pondasi dari kayu dan lantainya diberi adukan semen”, dengan nilai batas aman peak particle velocity < 3 mm/s. Berdasarkan data hasil pengukuran ground vibration aktual dianalisis menggunakan pendekatan teori scaled distance dan multivariate regression analysis untuk mendapatkan hubungan antara ground vibration dan jumlah isian bahan peledak anfo per delay. Rumusan hasil analisis dapat dijadikan acuan untuk menentukan jumlah isian bahan peledak anfo per delay agar ground vibration yang dihasilkan dapat terkontrol dan tidak melebihi batas aman. Hasil prediksi rumusan ground vibration usulan untuk Sorowako west dan east adalah rumusan prediksi berdasarkan teori multivariate regression analysis dengan persen kesalahan relatif rata - rata untuk peak particle velocity (PPV) prediksi yaitu sebesar 22,36 % dan 30,99 % terhadap peak particle velocity (PPV) aktual. Rumusan prediksi ground vibration usulan kemudian digunakan untuk usulan isian bahan peledak anfo per delay Sorowako west dengan bangunan kelas III yaitu jarak 100 meter sebanyak 20,41 kg/delay dan jarak 700 meter sebanyak 5328,31 kg/delay, sementara untuk Sorowako east dengan bangunan kelas II yaitu jarak 100 meter sebanyak 22,69 kg/delay dan jarak 700 meter sebanyak 472,77 kg/delay.

Keywords


Peledakan; Ground Vibration; Peak Particle Velocity; Saclaed Distance; Multivariate Regression Analysis

Full Text:

PDF

References


Sukamto, R. (1975). Perkembangan Tektoknik di Sulawesi dan Daerah Sekitarnya, Suatu Sintesis Perkembangan Berdasarkan Tektoknik Lempeng. Majalah IAGI, (2) 1 : 1-13.

Golightly, J.P. (1979). Geology of Soroako Nickleliferous Laterite Deposits. INCO Metals Company. Canada

Jimeno, C. L. (1995). Drilling and Blasting of Rocks. Rotterdam : A. A. Balkema Publishers.

Hustrulid, William. (1999). Blasting Principles For Open Pit Mining Volume 1. Rotterdam : A. A. Balkema Publishers.

Bhandari, Sushil. (1997). Engineering Rock Blasting Operation. Rotterdam : A. A Balkema Publishers.

Konya, J.C & Walter, J.E. (1990). Surface Blast Design. New Jersey : Seismological Observatory John Carroll University.

Konya J.C & Walter, J.E. (1991). Rock Blasting and Over Break Control. U.S. Department of Transportation. Federal Highway Administration. Office of Implementation.

Saptono, S. (2006). Teknik Peledakan. Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral. Universitas Pembangunan Nasional “Veterean” Yogyakarta.

Devine, et. Al. (1966). Effect of Charge Weight on Vibration Levels From Quarry Blasting. Bureau of Mines. USA

Hossaini, S.M.F & Sen, G. C. (2006). A study of The Influence Of Differnet Blasting Modes and Explosive Type on Ground Vibrations. Iranian Journal of Science & Technology, Vol. 30, No. B3.

Zaidan, et. Al (2018). Analisis Ground Vibration pada Pembongkaran Overburden Terhadap Pemukiman Penduduk di PIT Paringin PT Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite PT Adaro Indonesia. Jurnal Geosapta vol. 4 No. 2.

Himanshu, Vivek K. (2018). Multivariate Statistical Analysis Approach for Prediction of Blast-Induced Ground Vibration. Arabian Journal of Geoscience, Vol. 11 : 460.

Rawlings, J. A., S.G. Pantula, D. A. Dickey. (1998). Applied Regresion Analysis : A Research Tool 2nd ed. Springer. USA.

Khasanah, U. (2016). Analisis Regresi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD Yogyakarta.

Walpole, Ronald E. (1993). Pengantar Statistika Edisi ke 3. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta : Smart

Jaiswal, A. K & Anju K. (2009). A Text Book of Computer Based Numerical and Statistical Technique. New Age International Limited Publishers.

Rencher, A. C. (2002). Methods of Multivariate Analysis Edition. John Wiley & Sons. Canada.

Mattjik, Ahmad A. (2013). Perencanaan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Bogor : PT Penerbit IPB Press. Standar Nasional Indonesia.

(2010). Baku Tingkat Getaran Peledakan Pada Kegiatan Tambang Terbuka terhadap Bangunan. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v8i1.9129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arwan Wira Yudha, R. Hariyanto, Hasywir Thaib Siri, Ketut Gunawan, Indri Lesta Siwidiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats