Rancangan Urutan Penambangan Batubara Mingguan Bulan April 2022 Berdasarkan Ketersediaan Alat Mekanis Di Tambang Terbuka Pit B Utara PT. Prima Sarana Gemilang, Job Site PT. Pada Idi, Desa Luwe Hulu, Provinsi Kalimantan Tengah

Rafi Dzarbila Akhyar, Edy Nursanto, Inmarlinianto Inmarlinianto, Shofa Rijalul Haq

Abstract


PT. Prima Sarana Gemilang (PT. PSG) adalah kontraktor pertambangan dan konstruksi umum di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai salah satu jobsite penambangan di PT. Pada Idi yang berlokasi di Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Sistem penambangan yang digunakan yaitu sistem tambang terbuka dengan metode strip mine coal mining. PT. PSG memiliki target produksi overburden sebesar 800.000 BCM/ bulan dan batubara sebesar 60.000 MT dengan nilai stripping ratio maksimal 12: 1. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan urutan penambangan batubara mingguan pada bulan April 2022 yang meliputi forecast production berdasarkan ketersediaan alat, rancangan kemajuan penambangan mingguan, dan rancangan disposal mingguan. Metodelogi penelitian yang dilakukan menggunakan studi literatur untuk mencari referensi yang mendukung penelitian ini. Kemudian melakukan studi lapangan mengenai permasalahan yang ada di PT. Prima Sarana Gemilang. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data yang telah didapat kemudian diolah dan dianalisis menggunakan software Microsoft excel dan Minescape 5.7 sehingga menghasilkan suatu kesimpulan berupa rancangan urutan penambangan mingguan yang memenuhi perhitungan forecast production dengan rencana target produksi penambangan batubara sebesar 820.837 ton/tahun untuk overburden dan 70.154 MT untuk batubara. Rancangan urutan penambangan mingguan dibuat didasarkan pada rencana target produksi yang telah ditentukan dengan kapasitas besaran dilebihkan 2% untuk menggantikan kehilangan dari proses pengangkutan. Rancangan disposal terletak 1000 m di sebelah barat laut dari pit A. Total kapasitas disposal berdasarkan desain sebesar 1,042,463 LCM. Besarnya kapasitas disposal lebih besar 2% setiap minggunya terhadap reserve berdasarkan desain dengan jenis timbunan yang diterapkan adalah terrance dump. Jenis timbunan terrance dump dipilih karena topografi di daerah penelitian tidak begitu curam. Kebutuhan alat pada setiap minggunya berbeda-beda dikarenakan faktor ketersediaan alat berat dan jarak menuju disposal.


Keywords


Penambangan Batubara; Rencana Mingguan; Produksi

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Bagaskara. (2021). Rancangan Teknis Kemajuan Penambangan Batubara Untuk Memenuhi Target Produksi Per Tahun Pada Pit C Di Pt. Alfa Riung Jaya, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Awang Suwandhi. (2004). Perencanaan Jalan Tambang. Diktat Perencanaan Tambang Terbuka. Bandung: Jurusan Teknik Pertambangan UNISBA.

Chioronis, Nicholas P. (1987). Coal Age Operating Handbook of Coal Surface Mining and Reclamation (Vol. 2). New York: Mcgraw-Hill.

Hartman, H.L. (2002). Introductory Mining Engineering Second Edition. The University of Alabama. Tuscaloska Alabama.

Hustrulid, W., Kuchta, M., & Martin, R. (2013). Open Pit Mine Planning and Design (Vol 3). Great Britain: CPI Group (UK) Ltd, Croydon.

Kaufman, W.W., & Ault J.C. (1977). Design Of Surface Mine Haulage Roads A Manual. U.S Department of The Interior. Bureau of Mines.

Menteri ESDM. (2018). Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Jakarta.

Partanto Prodjosumarto. (1996). Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Waterman Sulistiya Bargawa (2018). Perencanaan Tambang. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

Yanto Indonesianto. (2014). Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

______. (2022, 29 Maret). Data Curah Hujan Barito Utara 2022. Diakses pada tanggal 28 April 2022 pukul 16.04 WIB. (Prakiraan Hujan Bulanan | BMKG).

______. (2020). Coal Resources and Reserves Estimation of Pada Idi Open Cut Coal Mine Luwe Hulu, North Barito Regency, Central Kalimantan, Indonesia Reported In Accordance With The JORC Code 2012 Edition. Jakarta Selatan:PT. GEOXP.

______. (2019). Laporan Eksplorasi PT PII. Barito Utara: PT PII

______. (2018). Komatsu Specification and Application Handbook, Edition CEN00178-05. Japan: Komatsu.

______. (2018). Laporan Akhir Studi Geoteknik, Hidrologi, Hidrogeologi, dan Daya Dukung Tanah PT PII Site Luwe Hulu. Bandung: LAPI ITB.

______. (2018). Volvo Specification of R45D, R60D, and R70D. English: Volvo

______. (2016). Volvo Specification of EC950E, EC480 and EC290. English: Volvo.

______. (2014). Renault Specification of Keraxx-440 India: Renault.

______. (2009, 1 Januari). Peta Geologi Lembar Muaratewe, Kalimantan. Diakses pada tanggal 30 Mei 2022 pukul 12.23 WIB. (Layanan Informasi Data Geologi Indonesia (esdm.go.id)).




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v8i2.9149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rafi Dzarbila Akhyar, Edy Nursanto, Inmarlinianto Inmarlinianto, Shofa Rijalul Haq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats