Kajian Teknis Produktivitas Alat Muat Dan Alat Angkut Pada Stockpile Bijih Nikel Di PT. Nusajaya Persadatama Mandiri, Site Matarape Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah

Rivando Brillian Saerang, Wawong Dwi Ratminah, Indun Titisariwati, Tri Wahyuningsih

Abstract


PT. Nusajaya Persadatama Mandiri yang merupakan owner dari PT. Ghetsemani Indah, WAS, dan BSA adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih Nikel. PT. Nusajaya Persadatama Mandiri menggunakan sistem penambangan tambang terbuka dengan metode Open Pit Selective Mining. Kegiatan utama pada penambangan tersebut terdiri dari pengupasan lapisan tanah penutup, pembongkaran, pemuatan dan pengangkutan bijih Nikel dari lokasi penambangan Pit A dan Pit B menuju Stockpile yang berada di luar pit penambangan dilanjutkan pemuatan dan pengangkutan menuju kapal tongkang/Jetty. Pengangkutan Bijih Nikel menuju Stockpile dilakukan untuk pemisahan bijih nekel sesuai kadar Ni hasil dari pemisahan kadar Ni di stockpile tersebut akan diangkut dan muat di kapal tongkang. Alat mekanis yang dibutuhkan dalam kegiatan pengangkutan bijih Nikel dari stockpile menuju kapal tongkang adalah alat gali muat dan alat angkut. Kombinasi alat mekanis yang digunakan adalah 1 alat gali muat excavator Caterpillar dan 8 alat angkut Dump Truck Quester CWE 370. Permasalahan yang terjadi adalah belum tercapainya target produksi pada alat angkut sebesar 100.000 ton/bulan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan produksi alat muat saat ini adalah 171.154 ton/bulan tercapai sebesar 171% dari target produksi dan kemampuan produksi alat angkut saat ini adalah 91.834 ton/bulan tidak tercapai sebesar 91,8% dari target produksi. Maka dari itu, perlu dilakukan optimalisasi kerja alat muat dan alat angkut sehingga dapat mencapai target produksi yang diinginkan. Upaya peningkatan produksi alat mekanis dapat dilakukan dengan cara perbaikan waktu kerja efektif, dengan meminimalkan hambatan kerja yang dapat ditekan.

Keywords


Alat Muat; Alat Angkut; Produksi

Full Text:

PDF

References


Hustrulid, W., Kuchta, M., Martin, R. 2013, Open Pit Mine Planning & Design 3rd Edition, Taylor & Francis Group, Llc 6000 Broken Sound Parkway Nw, Suite 300 Boca Raton Florida, U.S.A.

Indonesianto, Y. 2014. Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Program Studi Teknik Pertambangan, UPN “Veteran” Yogyakarta.

Kaufman, W.W. & Ault J.C. 1977. Design of Surface Mine Haulage Roads A Manual. U.S Dept. of The Interior. Bereau Mines.

Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018 Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. 2018. Jakarta.

Nichols, Herbert L. & David A.Day. 1955. Moving the Earth – The Workbook of Excavation 4th ed. New York: McGraw-Hill. Peurifoy, R. L. 2006. Construction Planning, Equipment, and Methods 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Pfleider, E. P. 1972. Surface Mining 1st Edition. New York: America Institute of Mining, Metallurgical, and Petroleum Engineers.

PT. Nusajaya Persadatama Mandiri, 2022, Peta Gradient Jalan Angkut (MHR-ETOEFO) PT. Nusajaya Persadatama Mandiri. (Unpublished).

Rochmanhadi. 1982. Alat-alat Berat dan Penggunaannya. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Rusmana, E., Koswara, A., Simandjuntak, T.O., 1993. Geologi Lembar Lesusua – Kendari, Sulawesi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Sulistyana, Waterman. 2017. Perencanaan Tambang. Yogyakarta : Program studi Sarjana Teknik Pertambangan, UPN “Veteran” Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v8i2.9151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rivando Brillian Saerang, Wawong Dwi Ratminah, Indun Titisariwati, Tri Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats