Kajian Produktivas Alat Muat Dan Alat Angkut Berdasarkan Match Factor Dan Teori Antrian Pada Kegiatan Pengangkutan Ore (Eto Efo) Di PT Djava Berkah Mineral Site PT Bumanik, Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah

Alvin Faza Ramadhani, Abdul Rauf, R. Hariyanto, Oktarian Wisnu Lusantono

Abstract


PT. Djava Berkah Mineral (PT. DBM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bagian kontraktor. PT. Djava Berkah Mineral terletak di Kecamatan Petasia timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Sistem penambangan yang diterapkan pada penambangan nikel tersebut adalah tambang terbuka dengan metode open cast. Pentingnya memperkirakan produksi dari alat muat dan alat angkut ini karena ada kaitannya dengan target produksi yang harus dicapai oleh perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah target produksi ETO EFO sebesar 71.500 Ton/bulan sudah tercapai serta apa saja faktor yang mempengaruhi produktivitas alat muat dan alat angkut dan bagaimana mengupayakan peningkatan target produksi berdasarkan match factor dan teori antrian sehingga jumlah alat yang digunakan optimal.Tujuan penelitian dilakukan untuk mengkaji kemampuan produksi alat muat dan alat angkut yang digunakan dan faktor yang mempengaruhi pada produksi ETO EFO serta mengetahui jumlah alat optimal yang digunakan berdasarkan match factor dan teori antrian serta upaya peningkatan produksi yang ditentukan dapat tercapai menggunakan metode match factor atau teori antrian. Setelah melakukan pengambilan data dan pengolahan data ternyata target produksi ETO EFO belum tercapai dengan kekurangan sebesar 2.544 ton/bulan. Kondisi yang mempengaruhi produktivitas alat mekanis sehingga tidak tercapainya target produksi pada alat angkut adalah kehilangan waktu kerja yang diakibatkan oleh hujan, slippery, standby dan tidak adanya kegiatan barging. Upaya peningkatan produksi untuk mencapai target produksi sebesar 71.500 Ton/bulan dilakukan dengan berdasarkan teori antrian sehingga produksi yang diperoleh mencapai 91.273,39 Ton/bulan mencapai 127,66% dari target produksi

Keywords


Produksi; Keserasian Kerja; Teori Antrian

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Awang, Suwandhi. 2014. Perencanaan Jalan Tambang. Diktat Perencanaan Tambang Terbuka, UNISBA. Bandung.

Christina N. Burt,2014. Model for Mining Equipment Selection [jurnal], Curtin University Of Teknology. Perth Australia.

Couzens, T.R. 1979. Aspects Of Production Planning: Operating layout and phase plans. In: Open pit Mine Planning and Design (J.T. Crawford andW.A. Hustrulid, editors): 217-232. SME.

Hustrulid, W. And Kuchta M. 1998. Open pit Mine Planning & Design Volume 1. A.A. Balkema/Rotterdam/Brookfield.

Hitachi,2008, Hitachi : Zaxis Dash-5 Utility Class Excavators, USA.

Kaufman, W.W., and Ault J.C, 1977, Design of Surface Mine Haulage Roads-A Manual. U.S Dept. of The Interior, Bereau Mines.

Komatsu, 2009, Komatsu: Specification & Application Handbook Edition 30, Japan.

Mohammadi Mousa, Performance Measurement of Mining Equipment, Internasional Journal Of Emerging Tecnology and Advanced Engineering.Varansi India.

Morgan, W. and Peterson, L. (1968), Determining Shovel-Truck Productivity, Mining Engineering, 76-80, December.

Nakajima S., “Introduction to TPM: total productive maintenance”, Productivity Press, Cambridge, 1988 .

Nicols, H.L., and Day D.A, 1999, Moving the Earth – The Workbook of Excavation 4th ed, McGraw-Hill, New York

Partanto, Projosumarto. 1983. Pemindahan Tanah Mekanis. Departemen Tambang, Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Peurifoy. RL, 1979, Construction Planning Equipment and Methods, Three Edition, Mc Graw Hill Internasional Book Company, London, Sydney, Tokyo, p38.

Pfleider, E.P., 1972. Surface Mining 1st Edition, America Institute of Minin, Metallurgical, and Petroleum Engineers, New York.

Roy, Obed 2018. Kajian Teknis Produksi Alat Muat Dan Alat Angkut Untuk Memenuhi Kegiatan Produksi Batubara Di Blok Selatan Pt. Putra Hulu LematangKabupaten Lahat, Sumatera Selatan [Skripsi], Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Yogyakarta.

Rudy, Azwari. 2016. Evaluasi Jalan Angkut Dari Front Penambangan Batubara Menuju Stockpile Block B pada Penambangan Batubara di PT Minemex Indonesia, Desa Talang Serdang Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sorolangun Provinsi Jambi.[ Jurnal Evaluasi Jalan Tambang, Geometri Jalan Tambang], Bandung, Universitas Islam Bandung.

Thoni Riyanto, Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung Tanah pada Lapisan Dasar Pit Tutupan Area Highwal 2016.[ Jurnal Daya Dukung Jalan Tambang, Evaluasi Jalan Tambang, Geometri Jalan Tambang].

Waterman, Sulistyana. 2017. Perencanaan Tambang. Prodi Teknik Pertambangan. UPN ”Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

Yanto, Indonesianto. 2013. Pemindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan, UPN “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jtp.v8i2.9153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Faza Ramadhani, Abdul Rauf, R. Hariyanto, Oktarian Wisnu Lusantono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

  

Alamat: Jl. Pajajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp./ Fax. (0274) 486702, Email:jurnaljtp@gmail.com

 

View My Stats