EVALUASI KEGAGALAN PRIMARY CEMENTING PADA TRAYEK CASING LINER 7” DENGAN ANALISA CBL-VDL SUMUR “AK-12A” LAPANGAN “ADR”

Adriansyah Andra Kusuma, Avianto Kabul Pratiknyo, Damar Nandiwardhana, Risky Adhitya

Abstract


Setelah pemboran mencapai target maka dilaksanakan penyemenan primer yang berfungsi untuk mengisolasi zona produktif, sehingga nantinya ketika kegiatan produksi dilakukan tidak timbul masalah seperti adanya koneksi zona dengan zona lainnya, mencegah adanya migrasi dari zona air maupun gas yang ikut terproduksi dan menutup zona loss circulation. Sumur “AK-12A” Lapangan “ADR” merupakan sumur pengembangan yang dibor pada tahun 2012. Proses penyemenan primer dilakukan pada interval 8936 ft sampai 9776 ft trayek casing liner 7 inch. Dimana penyemenan berfungsi untuk mengisolasi zona formasi. Pekerjaan penyemenan yang buruk dapat mengakibatkan kegagalan untuk mengisolasi zona bisa sangat merugikan dalam keproduktifan sumur. Evaluasi hasil penyemenan dilakukan untuk mendapatkan hasil penyemenan yang memenuhi standar yang dapat menghasilkan bonding dan compressive strength semen yang tahan terhadap pressure dari formasi dan dari dalam casing. Pada penyemenan yang tidak baik dapat terjadi bad to formation, channeling/microannulus, dan free pipe yang dapat menyebabkan isolasi casing yang buruk. Apabila hasil dari evaluasi menunjukkan kualitas penyemenan yang tidak baik dan terindikasi problem, maka perlu dilihat secara komprehensif apakah perlu dilakukan squeeze cementing terutama pada zona produktif pada kedalaman 9700 ft sampai 9754 ft, sehingga kegiatan produksi dapat dilakukan. Metode yang digunakan penulis dalam mengevaluasi hasil penyemenan pada Liner 7” dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari hasil pembacaan peralatan logging Cement Bond Log (CBL) dan Variable Density Log (VDL). Analisa tersebut dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisa kuantitatif meliputi perhitungan untuk menentukan nilai dari compressive strength, bond index, dan  good bond cut off. Sementara analisa kualitatif meliputi pembacaan kurva Transite Time, amplitudo serta gelombang sinyal VDL. Dari hasil analisa tersebut kemudian juga dilakukan evaluasi desain bubur semen dan tahapan operasional penyemenan. Berdasarkan hasil evaluasi penyemenan pada Sumur “AK-12A” Lapangan “ADR” trayek casing liner 7” dengan analisa kurva CBL-VDL diperoleh sebesar 76,60% Compressive Strength yang buruk. Sedangkan untuk Bond Index buruk sebesar 80,85%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan kualitas penyemenan adalah buruk yang berindikasi channeling/mircroannulus, bad to formation, dan free pipe. Menjadi patokan bahwa pada interval kedalaman zona prospek pada 9700 ft sampai dengan 9754 ft memiliki hasil penyemenan bad to formation. Faktor lain yang mempengaruhi kualitas dari penyemenan yaitu ketepatan dalam perhitungan bubur semen baik aditif, total fluida dan total sak semen, pola aliran bubur semen, serta desain thickening time yang kurang optimal. Sehingga, disarankan pada operasi selanjutnya untuk dilakukan remedial cementing.

 

Kata Kunci: bond index; CBL; compressive strength; primary cementing; VDL


Full Text:

PDF

References


Adams, Neal J. (1985) "Drilling Engineering", A Complete Well Planning Approach, Penn Well Publishing Co., Tulsa. Oklahoma.

Lockyear, Christopher F., Ryan, Daniel F., & Gunningham, Marcus M. (1990) "Cement Channeling: How to Predict and Prevent." SPE Drill Eng 5 doi: 10.2118/19865-PA.

McCray, Arthur W., Cole, Frank W. (1981) “Oil Well Drilling Technology, The University of Oklahoma Press, Norman, Publishing Division of The University of Oklahoma.

Nelson, Erik B. (1990). Well Cementing. Schlumberger Educational Services.

Parker, P. N., Ladd, B. J., Ross, W. M., & Wahl, W. W. (1965). AN EVALUATION OF A PRIMARY CEMENTING TECHNIQUE USING LOW DISPLACEMENT RATES. SOCIETY OF PETROLEUM ENGINEERS OF AIME. doi: 10.2118/1234-MS.

Pardue, G. H. & Morris, R. L. (1963) “Cement Bond Log-A Study of Cement and Casing Variables”, J Pet Technol 15 (05): 545–555, Paper Number: SPE-453-PA.

Rabia, Hussain. (1985) "Oil Well Drilling Engineering", Graham and Trotman, Oxford, UK.

Rollman, E.E. (no date) “Acoustic Cement Bond Log, CBL”, Dresser Atlas, Houston, USA.

Rubiandini, Rudi Dr, Ing, Ir, ”Teknik Operasi Pemboran I dan II”. Institut Teknologi Bandung. 2012.

Smith, Dwight K. (1990). Cementing. Henry Doherty Memorial Of AIME, Society of Petroleum Engineers Of AIME.

Smith, R. C. (1984) “Successful Primary Cementing Can Be a Reality”, J Pet Technol 36 (11): 1851–1858, Paper Number: SPE-13498-PA.

Suman, George O., (1977) ”World Oil’s Cementing Handbook Including Casing Handling Procedures”, Gulf Publishing Company, Houston, Texas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.