The Influence of Halal Label, BPOM Label, and Price on the Purchase Decision of Madame Gie Products

Hana Malvalia Andiya, Titik Kusmantini

Abstract


The type of research that researchers conduct is quantitative research which aims to determine the effect of Halal Label, BPOM Label, and Price on Purchasing Decisions. The population used in this study were all customers of Madame Gie beauty products in Sleman, Yogyakarta. The sampling technique was carried out using purposive sampling so that a sample of 110 respondents was obtained. Data collection was carried out using a questionnaire. The analytical tool used is descriptive and quantitative methods using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 25 program. The results of this study concluded that Halal Label has a positive and significant effect on purchasing decisions, BPOM Label has a positive and significant effect on purchasing decisions, Price has a positive and significant effect on purchasing decisions, and Halal Label, BPOM Label, and Price together have a positive and significant effect on purchasing decisions.

 

Keywords: Halal Label, BPOM Label, Price, Purchasing Decision


Full Text:

PDF

References


Ahidin, Udin, Juhaeri, Kasmad, dan Nurfianti, Nofi. (2019). Analysis of Decisions for Purchasing Imported Products in Mie Samyang through Halal Labels and Prices (Empirical Study in Indomaret Customers in the City of Bogor). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(10), pp. 647-655.

Amalia, A. (2019). Analisi Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Salatiga Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Badan POM. (2017). SIARAN PERS Badan POM RI Dukung Daya Saing Produk Kosmetik Indonesia. 8 Februari.

https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/387/SIARAN-PERS-Badan-POM-RI-Dukung-Daya-Saing-Produk-Kosmetik-Indonesia.html

__________. (2023). Key Personnel Paham CPKB Merupakan Kunci Sukses Industri Kosmetik Dalam Negeri. 9 April.

https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/27620/KEY-PERSONNEL-PAHAM-CPKB-MERUPAKAN-KUNCI-SUKSES-INDUSTRI-KOSMETIK-DALAM-NEGERI.html

__________. (2023). Organisasi Yang Solid. 8 Februari. https://www.pom.go.id/new/view/direct/solid

__________. (2023). Cek Produk BPOM. 28 Februari. https://cekbpom.pom.go.id

Bayu, Dimas. (2022). Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam. 13 Februari. https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam

DJIH BPK RI. (2014). Undang – Undang Nomor 33. Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

________. (2022). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Persyaratan Teknis Klaim Kosmetika.

________. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

________. (2022). Keputusan Kepala BPJPH Nomor 41 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal.

Fatwa MUI. (2013). Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 26 Tahun 2013 Tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya.

Febrinastri, Fabiola. (2022). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. 1 Februari.

https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm?page=1

Fitri, Santi Ainun. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Iklan Televisi, Label Bpom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Make Over Dikabupaten Lumajang. Skripsi, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Fitriyanti, Eka. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal dan Label BPOM terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2018. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Dasar- Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

LPPOM MUI. (2023). Tentang Kami. 8 Februari. https://halalmui.org/tentang-kami/

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Meirna. (2023). 10 Rekomendasi Produk Makeup Madame Gie Terbaik (Terbaru Tahun 2023). 13 Februari. https://my-best.id/136738

Miswanto, Salsabila, I. dan Kusmantini, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Pada Generasi Z Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian Bisnis STIE WW, 30(2), pp. 70-86.

Muhammad, Ibnu Elmi As Pelu. (2009). Label Halal: Antara Spiritualitas Bisnis dan Komoditas Agama. Malang: Madani.

Nugraheni, A., Imtikhanah, S., dan Hudaya, F., (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Harga Sebagai Mediasi. Neraca, 17(1), pp. 19-48.

Pratama, M. Fadillah dan Suwarto. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal, Label Bpom Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), pp. 505-520.

Ramadhani, Farah. (2022). Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Brand Makeup Lokal dan Impor Bersaing Sengit!. 28 Januari. https://compas.co.id/article/brand-makeup-lokal/

Rosdiana, Fany, dan Wahdiniwaty, Rahma. (2019). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Garnier Pada Borma Toserba Dago di Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Sangadji, E. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sari, F. M., Makhrian, A., dan Buldani, K., (2018). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Jurnal Professional FIS UNIVED, 5(1), pp. 26-31.

Sekaran, U. & Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Stanton, William J. (1999). Fundamental of Marketing. Toronto Canada: MC Grov Hill Book Company.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

Wiska, M., Nurdiana, dan Putri, D. E., (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening (Studi Kasus Siswi SLTA di Kecamatan Sungai Rumbai). Jurnal Manajemen Dewantara, 6(2), pp. 225-235.

Yuswohady. (2015). Marketing to the Middle Class Muslim- Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31315/jubir.v2i1.9981

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jubir.v2i1.9981.g5683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


    Contact Us:
  • Magister of Management
  • UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Address : Jl. Padjadjaran, Condong Catur, Sleman DI Yogyakarta 55283
  • Phone : +62 274 486733
  • E-Mail : adminjubir@upnyk.ac.id