Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Interaksi dan Komunikasi di Kalangan Mahasiswa

Edwi Arief Sosiawan

Abstract


Komunikasi menggunakan situs jejaring sosial memiliki keutamaan yaitu memfasilitasi komunikasi dan interaksi secara virtual tanpa batas ruang dan waktu serta potensi untuk menjadikan komunikasi dan interaksi yang harmonis. Salah satu kelompok yang memerlukan dukungan social adalah mahasiswa yang masih berada pada tataran masa remaja. Mahasiswa membutuhkan dukungan yang semakin meningkat terutama ketika menghadapi situasi-situasi baru dan tantangan. Situasi ini dapat dialami ketika seorang remaja sebagai mahasiswa merantau ketempat atau daerah lain. Rumusan masalah yang diambil adalah :”Bagaimana Penggunaan situs jejaring social sebagai media interaksi dan komunikasi dalam memenuhi kebutuhan dukungan sosial di kalangan pengguna mahasiswa yang berada di lokasi Kelurahan Condong Catur dan Catur Tunggal Kabupaten Sleman? “Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermaksud memberikan gambaran dan identifikasi tentang proses interaksi dan komunikasi dalam situs jejaring sosial beserta aspek psikologisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang diperoleh oleh subjek pengguna meliputi aspek rasa penghargaan yang diterima oleh informan pengguna dari links friends mereka. Banyaknya jumlah list friends merupakan bentuk dari perupaan jaringan komunikasi yang dibentuk oleh pemilik akun. Dalam konteks penelitian ini maka terbukti bahwa informan mendapat dukungan social dari sisi keterlibatannya dalam kelompok baik dalam konteks interaksi maupun dalam konteks komunikasi.


Keywords


dukungan sosial, situs jejaring sosial

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Cahyaningtyas, 2002, Psikologi Umum, UNDP press, Malang.

De Fleur, Melvin L, Patricia Kearney etc, 1992, Fundamental of Human Communi- catons, Mayfield Publishing Company, CA, USA.

Infante, Dominic A, 1990, Building Communication Theory, Waveland Press, Illinois.

Hardie, Elizabeth , 2007, Excessive Internet Use: The Role of Personality, Loneliness and Social Support Networks in Internet Addiction, Australian Journal of Emerging Technologies and Society Vol. 5, No.1.

Holzner, Steven, 2009, Social Nerworks, Macmillan, New York.

Mangunsong, Hendrikus,1998, Dimensi Psikologi, Mara Press, Bandung. Marsha White, Steve M. Dorman, 2007, Receiving social support online: implications for health education, Oxford Journals Medicine Health Education Research, Volume16, Issue 6.

Moleong, Lexy J, 1989, Metode Penelitian Kualitatif, Remadja Karya, Bandung.

Nasution, 1992, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung.

Rogers, Everett M, 2006, Communications Technologie,The Free Press Collier Mc Millan Publishing, London.

C.L. Sheridan, Radmacher, A.a 1992, Health Psychology: Challanging the Biomedical Model, Collier Mc Millan Publishing, London.

Sabbah W, Tsakos G, Chandola, 2010, The relationship between social network, social support and periodontal disease among older Americans, Jurnal Clin Periodontol, vol 38.

Rensi, Lucia Rini Sugiarti 2010, Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa, SMP Kristen YSKI Semarang, http:// ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/ article/viewFile/231/174

Sarason, William, 1983, Psychology Introduction In Social Life, Free Press Mc Millan, London.

Sosiawan, Edwi Arief, 2003, Teori Komunikasi Virtual, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1 No. 1 Januari-April 2003, Jurusan Ilmu Komunikasai FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Taylor, Shelley E, 1999, Social Psychology, University of California, Los Angeles. Thurlow, Crispin etc, 2008, Computer Mediated Communication, Sage Publications, California.

Widiastuti, Retno, 2004, Pengantar Psikologi Sosial, Liberty Press, Bandung.

(www.december.com/cmc/mag//jan/ferris/html). tanggal 12 Juli 2010.

www.december.com/cmc/mag//jan/ferris/html tanggal 12 Juli 2010.

http://mdin.staff.uad.ac.id tanggal 9 Juli 2010.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v9i1.3416

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats