Studi Perilaku Konsumen Masyarakat Blora dalam Pembelian Skincare Ms Glow Selama Pandemi Covid-19

Alifa Nur Fitri, Ita Musfirowati Hanika

Abstract


Pembatasan aktivitas sosial selama masa pandemi Covid-19 ternyata tidak menurunkan tingkat konsumsi produk perawatan diri maupun kecantikan. Penjualan Ms Glow meningkat pesat di masa pandemi, salah satunya dipengaruhi oleh strategi omnichannel yang dilakukan oleh Ms Glow. Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk melihat perilaku konsumen pengguna MS Glow selama pandemi. Survei disebarkan secara daring kepada 100 responden masyarakat Blora yang berusia produktif serta mengetahui dan menggunakan Ms Glow. Perilaku konsumen dilihat dari perspektif model AISAS. Hasilnya dari awareness sebanyak 60,4% tahu MS Glow dari media sosial, selebihnya dari teman dan reseller. Pada tahapan Search atau pencarian informasi, sebanyak 52,3% mencari tahu dari review testimoni teman dan keluarga Sebanyak 27,7% mencari tahu dari media sosial dan 30,8% dari media konvensional seperti iklan. Tahapan terakhir yaitu share, responden yang akan membagikan pengalaman sebanyak 76.9% dan 23,1% tidak membagikan.  Sedangkan media yang digunakan untuk membagikan pengalaman sebanyak 55,6% responden membagikan langsung ke teman atau keluarganya dan 44,4% menggunakan media sosial. Kontribusi penelitian ini mengungkap fenomena meningkatnya skincare Ms Glow di Blora selama Pandemi. 


Keywords


AISAS; Blora; Ms Glow; Pandemi Covid-19; Perilaku Konsumen

References


Ayunda Ramadhani, Lisda Sofia, R.R. (2021) ‘Menjaga Ksesehatan di Tengah Pandemi Covid -19 dengan Meningkatkan Kesadaran Masyarakat’, Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), pp. 1–8. Available at: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5055/2962.

Bahri, R.A. (2012) ANALISIS PENGARUH ENDORSER DI SOCIAL MEDIA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN METODE AISAS. Universitas Indonesia. Available at: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/33172649/digital_20333259-T32239-Rayza_Ardian_Bahri-Analisis_pengaruh-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1659501629&Signature=AStSkvN-WkNlDBlIkT5DR6thEN4y48opaU4WJscNHpSmvaL~UA~vCw~nz5rlTXfuho9C~KiifAvqRDw5kudzZTxVV7-Bm8~.

Creswell, J.W. (2015) Penelitian Kualitatif dan Desain Riset" Memilih di Antara Lima Pendekatan". 1st edn. Edited by S.Z. Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Penerbit.

Daru, N.W. (2019) ‘PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK MS GLOW YANG BERSERTIFIKAT HALAL DI SURABAYA’, Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), pp. 15–24. Available at: file:///C:/Users/Windows 10/Downloads/27587-Article Text-32203-1-10-20190516 (1).pdf.

Devi, R.S. (2020) Model AISAS dalam Perilaku Konsumen Generasi Z, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Farag, S. and Lyons, G.D. (2007) ‘Conceptualising barriers to travel information use.’, 39th Annual Universities Transport Study Group Conference, Harrogate, UK, (January), pp. 1–13.

Febriani;, D. (2019) Perilaku Konsumen di Era Digital, beserta Studi Kasus. Malang: Brawijaya Press.

Febriyani, N. (2019) Perilaku Konsumen di Era DIgital Beserta Studi Kasus. Malang: Universitas Brawijaya Publisher.

Fitri, A.N. et al. (2021) ‘Strategi Komunikasi Krisis Maskapai Penerbangan di Indonesia ( Studi Analisis Komunikasi Krisis Adam Air , Air Asia dan Sriwijaya Air dalam Menghadapi Krisis Kecelakaan Pesawat melalui Prespektif Komunikasi Islam ) kecepatan . Direktur Jendral Perhubungan’, 1, pp. 104–124.

Følstad, A. and Kvale, K. (2018) ‘Applying Transactional NPS for Customer Journey Insight: Case Experiences and Lessons Learned’, Services Marketing Quarterly, 39(3), pp. 208–224. doi:10.1080/15332969.2018.1471956.

Ginting, K. (2020) ‘Studi Nielsen: Jumlah Pembeli Online 2 Kali Lipat di 2020’, The Iconomics, p. 1. Available at: https://www.theiconomics.com/accelerated-growth/studi-nielsen-jumlah-pembeli-online-tumbuh-2-kali-lipat-di-2020/.

Hanifah, N. and Rahadi, D.R. (2020) ‘Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(November), pp. 112–122. Available at: https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/5490.

Harahap, D.A. (2018) ‘Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus’, JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), pp. 193–213. doi:10.21009/jrmsi.009.2.02.

Hidayah, N. (2021) ‘mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit’, tirto.id, p. 2. Available at: https://tirto.id/mengenal-arti-skincare-dan-tahapan-merawat-kulit-eimA.

Humas (2016) Presiden Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Blora, Tertinggi Kedua Se-Indonesia, https://jatengprov.go.id/. Available at: https://jatengprov.go.id/beritadaerah/presiden-apresiasi-pertumbungan-ekonomi-blora-tertinggi-kedua-se-indonesia/ (Accessed: 12 August 2022).

Jamil, R.A. and Hassan, S.R. ul (2014) ‘Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study’, Journal of Management Info, 1(4), pp. 1–8. doi:10.31580/jmi.v4i1.18.

Jayani (2021) ‘Produk Kesehatan dan Kecantikan Paling Laku selama Pandemi’, Katadata.co.id, October, pp. 2–3. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/27/produk-kesehatan-dan-kecantikan-paling-laku-saat-pandemi.

Johar, D. (2015) ‘PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), p. 86248.

Langgeng Sri, H. (2022) ‘Pengaruh kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Produk MS Glow Beauty Terlaris di Berbagai macam produk kosmetik di kosmetik untuk konsumen wanita maupun’, Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2), pp. 135–145.

Lawi, G. (2020) ‘Begini Pergeseran Perilaku Konsumen Baru Selama Pandemi Covid 19’, Bisnis.com, pp. 2–4. Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200515/12/1240921/begini-pergeseran-perilaku-konsumen-baru-selama-pandemi-covid-19.

Mahbubah, I. and Putri, S.Y. (2021) ‘Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan Bisnis E-Commerce Di Kabupaten Sumenep’, Behavioral Accounting Journal, 4(1), pp. 239–248. doi:10.33005/baj.v4i1.119.

Maulina, P. and Muttaqin, M. (2020) ‘Citra Politik Prabowo-Sandi Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Di Akun Media Sosial Instagram’, Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), pp. 40–50. doi:10.14710/interaksi.9.1.40-50.

Media Indonesia (2021) ‘Trend Pengguna Kosmetik Meningkat, Indonesia Siap Ambil Peluang’, Media Indonesia, p. 1. Available at: https://mediaindonesia.com/ekonomi/409325/trend-pengguna-kosmetik-meningkat-indonesia-siap-ambil-peluang.

Mediana (2021) ‘Produk Perawatan Kulit Laris Manis Selama Pandemi.’, Kompas.co.id, 8 October, pp. 1–3.

Mowen, J. (2002) Perilaku Konsumen. 2nd edn. Edited by N. Mahanani. Jakarta: Erlangga.

Muslimin Abdullah, I., Widiasmara, H. and Fajirrul Ulum, M.S. (2021) ‘Representasi Kulit Putih Perempuan dalam Iklan MS Glow’, Jurnal Audiens, 3(2), pp. 63–71. doi:10.18196/jas.v3i2.11959.

Nofri, O. and Hafifah, A. (2018) ‘Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar’, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), pp. 113–132. doi:10.24252/minds.v5i1.5054.

Osei-Frimpong, K., Donkor, G. and Owusu-Frimpong, N. (2019) ‘The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective’, Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1), pp. 103–121. doi:10.1080/10696679.2018.1534070.

Pamujiningtyas (2021) Brand Kecantikan Lokal yang Makin Diminati di Masa Pandemi., Komparan women.

patinews.com (2016) Pelaku e-Commerce Blora Makin Bergeliat, Patinews.com. Available at: https://www.patinews.com/pelaku-e-commerce-blora-makin-bergeliat/ (Accessed: 12 August 2022).

Poetra, R.R. and Christantyawati, N. (2017) ‘Model AIDA: Pola Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepuasan Penjualan di Toko Online Goldies Hijab’, Jurnal Komunikasi Profesional, 1(1), pp. 22–36. doi:10.25139/jkp.v1i1.170.

Ramadhany, A.N. (2016) ‘Pengaruh Strategi Pemasaran Politik Calon Walikota Samarinda Terhadap Partisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak 2015’, eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 4,(Nomor 2), pp. 73–86. Available at: https://adoc.pub/pengaruh-strategi-pemasaran-politik-calon-walikota-dan-wakil.html.

Rogers,Everett (1995) Diffusions of Innovations. Forth Edit. New York: Tree Press.

Rohmah, A. (2020) ‘Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), pp. 1–4.

Schiffman and Kanuk (2010) Consumer Behaviour. Tenth Edit. USA: Pearson Educatonal,Inc.

Setiadi (2019) Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Tujuh. Jakarta: Kencana.

Shree, K.,& Nagabushanam, M. (2018) ‘Consumer behaviour in new digital era: a paradigm shift.’, international Journal of Management Studies, 5(3), pp. 60–70.

Subastian, D.V. et al. (2021) ‘Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap’, Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), pp. 1–10. Available at: http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/RJMBI/article/view/7691/4162.

Suhari Yohanes (2010) ‘E-Commerce : Model Perilaku Konsumen’, Jurnal Dinamika Informatika, 2(2).

Swasono, M.A.H. et al. (2020) ‘Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 38–50. doi:10.32815/jpm.v1i2.236.

Syauki, W.R. and Amalia Avina, D.A. (2020) ‘Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran’, Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), p. 42. doi:10.24198/jmk.v4i2.25719.

Tang, R. et al. (2014) ‘A Study of Short Term Effect Measurement for Information Publications in Goverment Microblog’, International Journal of Hybrid Informations Tecnology, 7(1), pp. 57–66. Available at: https://gvpress.com/journals/IJHIT/vol7_no1/5.pdf.

Tempo (2020) ‘Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik’, Tempo, 27 January. Available at: https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik.

Wisnu, W. and Hapsari, P.D. (2016) ‘Analisis AISAS Model Terhadap Product Placement Dalam Film Indonesia Studi Kasus: Brand Kuliner di Film Ada Apa Dengan Cinta 2’, Jurnal Rekam, 12(2), pp. 69–81. Available at: http://journal.isi.ac.id/index.php/rekam/article/viewFile/1424/294.

Xue, L.L. et al. (2021) ‘Online tourist behavior of the net generation: An empirical analysis in taiwan based on the aisas model’, Sustainability (Switzerland), 13(5), pp. 1–18. doi:10.3390/su13052781.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v22i2.7608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats