Adaptasi Logika Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik Gerindra Menjelang Pemilu 2024

Tedi Gunawan

Abstract


Perkembangan media sosial berbasis internet membuat peran media sosial saat ini semakin meningkat secara signifikan, terutama di bidang politik. Bahkan, elektabilitas suatu partai dapat dipengaruhi oleh impresi publik yang dibentuk oleh media sosial. Dari fenomena tersebut, penulis secara khusus tertarik untuk mengkaji program dan strategi media sosial twitter dan facebook dari partai Gerindra. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media sosial oleh partai Gerindra mempengaruhi citra dan dukungan publik terhadap partai tersebut. Penelitian ini sendiri menggunakan metode kualitatif dengan studi analisis wacana yang mengadaptasi logika media sosial dari Van Dijk-Poell yakni programabilitas, popularitas, konektivitas, dan datafikasi ke dalam komunikasi politik yang dilakukan Gerindra melalui media sosialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerindra dengan baik telah mengimplementasikan logika media sosial dalam strategi pemasaran politiknya. Partai ini juga berhasil menciptakan ikatan yang kuat serta menarik perhatian publik, khususnya generasi muda, yang kemudian menjadi manifestasi dalam pemilu 2024 mendatang. Strategi ini menghasilkan tren positif bagi partai, hasil beberapa survei pada tahun 2021 menunjukkan bahwa kaum milenial dan Generasi Z lebih cenderung memilih Prabowo (Ketua Umum Gerindra) sebagai presiden. Seiring dengan dominasi media sosial, konsep logika media sosial menjadi suatu hal yang tidak dapat ditinggalkan bagi para aktor politik. Terakhir, dengan kemajuan teknologi, diperkirakan persaingan partai politik digital di media sosial akan semakin ketat pada tahun 2024.


Keywords


Adaptasi Logika Media sosial; Partai Gerindra; Pemasaran Politik; Pemilu 2024

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Z. (2017). Kesadaran dan Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kendari Tahun 2012. Jurnal Penelitian Komunikasi, 14(2). https://doi.org/10.20422/jpk.v14i2.174

Abdullah, M. Z., Zanynu, M. A., Amin, H., Fachruddin, S., & Kamil, S. U. R. (2020). MANAJEMEN KAMPANYE KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19 DI KOTA KENDARI. Anoa : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.52423/anoa.v2i1.14826

Andersen, K., Ohme, J., Bjarnøe, C., Joe Bordacconi, M., Albæk, E., & de Vreese, C. (2021). Generational Gaps in Political Media Use and Civic Engagement; From Baby Boomers to Generation Z. Routledge.

Annur, C. M. (2022, March 23). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Arianto, I. D., Ida, R., & Marijan, K. (2023). Pseudo Power Tiga Periode pada Jaringan Komunikasi Islam Tradisional dan Modern di Media Sosial Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 21(2). https://doi.org/10.31315/jik.v21i2.9932

Arigi, F., & Hantoro, J. (2019, April 12). SMRC: Elektabilitas Prabowo Naik, Tapi Jokowi Tetap Tinggi. Tempo, 1--.

Bahtiar Sadar, & Rifaid. (2020). EFEKTIFITAS PEMASARAN POLITIK (PULL MARKETING) TERHADAP KEMENANGAN ABM-ENNY PADA PEMILIHAN GUBERNUR SULAWESI BARAT TAHUN 2017. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 8(No. 2 Maret 2020), 303–312.

Chabibi, M. (2020). Polemik Marketing Politik Antara Image Dan Substansi. Jurnal Ekonomi Al-Tsiqoh, 5(1).

Coleman, S., & Norris, D. F. (2011). A New Agenda for e-Democracy. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1325255

Eka Patrisia, N., & Yuliani, H. (2020). Marketing Politik Pemilukada Cagub Provinsi Bengkulu Tahun 2020 (Studi Pada Pasangan Helmi – Dedi). Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(2). https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i2.1159

Enli, G., & Simonsen, C. A. (2018). ‘Social media logic’ meets professional norms: Twitter hashtags usage by journalists and politicians. Information Communication and Society, 21(8). https://doi.org/10.1080/1369118X.2017.1301515

Felicia, F., & Loisa, R. (2019). Peran Buzzer Politik dalam Aktivitas Kampanye di Media Sosial Twitter. Koneksi, 2(2). https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3906

Gerodimos, R., & Justinussen, J. (2015). Obama’s 2012 Facebook Campaign: Political Communication in the Age of the Like Button. Journal of Information Technology and Politics, 12(2). https://doi.org/10.1080/19331681.2014.982266

Hendrayana, A. S. (2019). Does personal branding influence more than political marketing and pull marketing? The choice decision of the beginner voters in governor election. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11).

Humaira, H. W. (2018). Analisis Wacana Kritis (AWK) Model Teun A. Van Dijk pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Literasi, 2(1), 32–40.

Juditha, C., & Darmawan, J. J. (2018). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL USE OF DIGITAL MEDIA AND POLITICAL PARTICIPATION MILENIAL GENERATION. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 91–105.

Kalsnes, B. (2016). The Social Media Paradox Explained: Comparing Political Parties’ Facebook Strategy Versus Practice. Social Media and Society, 2(2). https://doi.org/10.1177/2056305116644616

Kalsnes, B., & Ihlebæk, K. A. (2021). Hiding hate speech: political moderation on Facebook. Media, Culture and Society, 43(2), 326–342. https://doi.org/10.1177/0163443720957562

Kalsnes Bente. (2016). The power of likes: Social media logic and political communication [University of Oslo]. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11380.96648

Klinger, U., & Svensson, J. (2015). The emergence of network media logic in political communication: A theoretical approach. New Media and Society, 17(8), 1241–1257. https://doi.org/10.1177/1461444814522952

Klinger, U., & Svensson, J. (2021). The power of code: women and the making of the digital world. Information Communication and Society, 24(14), 2075–2090. https://doi.org/10.1080/1369118X.2021.1962947

Kusuma Putri, W., & Wahyudi, R. (2018, January 3). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia . Kompas, 1–2.

Majali, W. Al. (2015). Discourse Analysis of the Political Speeches of the Ousted Arab Presidents during the Arab Spring Revolution using Halliday and Hasan ’ s Framework of Cohesion. Journal of Education and Practice, 6(14).

Mas’amah, M., Nafie, J. A., Leuape, E. S., & Adu, A. A. (2023). Komunikasi Pendidikan melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Universitas Nusa Cendana. Jurnal Ilmu Komunikasi, 21(2). https://doi.org/10.31315/jik.v21i2.7647

Nugrahajati, S. D., Soeprapto, A., & Loy, N. (2022). Konten Pesan Pemilihan Umum dalam Perspektif Pemilih Pemula. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(3), 367. https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.8239

Nugroho, T. A., & Purnomo, D. (2013a). Motif dan Kepuasan Mahasiswa dalam Menonton Program Kick Andy (Analisa Teori Uses and Gratification pada Mahasiswa FISKOM UKSW). Cakrawala, Jurnal Penelitian Sosial, Unversitas Kristen Satya Wacana, Vol 2 No 1.

Nugroho, T. A., & Purnomo, D. (2013b). Motif dan Kepuasan Mahasiswa dalam Menonton Program Kick Andy (Analisa Teori Uses and Gratification pada Mahasiswa FISKOM UKSW). Cakrawala, Jurnal Penelitian Sosial, Unversitas Kristen Satya Wacana, Vol 2 No 1.

Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi. JUSIFO, 5(1). https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5003

Rahmawati, B., Muhid, A., & Surabaya, S. A. (2019). ANALISIS WACANA KRITIS DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA FENOMENA PRO-KONTRA PENOLAKAN DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD). In Jurnal Tabligh (Vol. 20).

Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460

Sasmita, S. (2011). Demokrasi dalam Bingkal Digital. Jurnal Demokrasi, X.

Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2). https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Sophia, U., & Noviwinarti, N. (2019). PEMETAAN MEDIA MASSA DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK PADA PILKADA KOTA TANJUNGPINANG 2018. Jurnal Riset Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i2.66

Statista Research Department. (2022, March 22). Leading countries based on number of Twitter users as of January 2022. Global Survey Service.

Stieglitz, S., & Dang-Xuan, L. (2013). Social media and political communication: a social media analytics framework. Social network analysis and mining: Vol. 3(4). Social network analysis and mining.

Strömbäck, J., & van Aelst, P. (2013). Why political parties adapt to the media: Exploring the fourth dimension of mediatization: Vol. 75(4). International Communication Gazette.

Subakti, Hani, S.Pd., M. P., & Prisusanti, Retno dewi, S.ST., M. (2021). Riset Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. In Media Sains Indonesia.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. In NilaCakra Publishing House, Bandung.

Tim Detikcom. (2021, October 22). Survei Litbang Kompas: Prabowo Capres Pilihan Milenial Plus Gen Z. Detik, 1–1.

Tinggi, D. P., Gusti, I., & Triyana, N. (2018). Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran MEDIA SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 5(1), 79–90. https://kominfo.go.id/

Valdiani, D. (2018). Saluran Komunikasi Massa Sebagai Penyampai Pesan Pembangunan Bagi Masyarakat. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10).

van Dijck, J., & Poell, T. (2013a). Understanding social media logic. Media and Communication, 1(1), 2–14. https://doi.org/10.12924/mac2013.01010002

van Dijck, J., & Poell, T. (2013b). Understanding social media logic. Media and communication: Vol. 1(1).

Wahyudi, V. (2019). POLITIK DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 “MARKETING & KOMUNIKASI POLITIK.” Politea : Jurnal Politik Islam, 1(2). https://doi.org/10.20414/politea.v1i2.819

Williams, C. B. (2017). Introduction: Social media, political marketing and the 2016 U.S. election. Journal of Political Marketing, 16(3–4). https://doi.org/10.1080/15377857.2017.1345828

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v22i1.7914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor