Kajian Gerakan Massa Berdasarkan Klasifikasi RMR Dan SMR Di Gondoriyo dan sekitarnya, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Anita Dwi Permatasani

Abstract


Penelitian dilakukan di Desa Gondoriyo, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora yang banyak dilakukan penambangan secara lokal.. Selain itu juga, daerah penelitian dilihat dari aspek geomorfologi merupakan perbukitan berelief tinggi dengan beberapa pengaruh struktur geologi berupa kekar, sesar, dan lipatan. Pengupasan lereng yang dilakukan saat pembukaan lahan pertambangn sangat perlu diperhatikan, karena kesalahan dalam pengupasan lereng ini dapat berpengaruh terhadap kestabilan lereng. Selain dari pengupasan lereng, kestabilan lereng juga dapat dipengaruhi oleh kualitas dari massa batuan penyusun lereng tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan analisis dengan studi Pustaka. Secara geologi, derah penelitian memiliki kontrol struktur yang intens dilihat dari pola pegaliran yang berkembang berupa subdendriik, trellis, subtrellis, dan parallel. Selain itu daerah peleitian berkembang struktur geologi berupa kekar, sesar mendatar, dan lipatan. Persebaran litologi di daerah penelitian secara tidak resin tersusun atas 3 lithostratigrafi yaitu Satuan Batupasir Ngrayong, Satuan Batugamping kalkarenit Bulu, dan Satuan Batulempung karbonatan Wonocolo. Penelitian kualitas massa batugamping dilakukan pada 4 lereng yang masing-masing lereng tersusun atas batugamping dan batupasir karbonatan. Nilai RMR yang didapatkan dimasing-masing lereng secara keseluruhan berada pada kelas sedang dan nilai SMR di daerah penelitian di peroleh berkisar antara 20-60 dan berpotensi terjadi Gerakan massa berupa longsoran baji.

 

Kata Kunci: Gerakan Massa, Kecamatan Todanan, RMR, SMR

Keywords


mass movement, Todanan district, Rock Mass Rating, Slope Mass Rating

References


Adriansyah, Y., Guruh, K., Kurniawan, S. 2021. ‘Korelasi Point Load Index dan Uniaxial Compressive Strength Pada Satuan Batupasir dan Batulempung Formasi Latih Untuk Penentuan Koefisien Kekuatan Batuan di Pit X Tambang Batubara PT Berau Coal, Kalimantan Timur’. Makassar : Jurnal Geomine Vol. 9 No. 1.

Aulia, R.M., dan Wiloso, A.D. 2019. ‘Analisis Kestabilan Lereng Untuk Gerakan Massa Berdasarkan Metode Scanline Di Daerah Tegalrejo Dan Sekitarnya, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta’. Yogyakarta : Jurnal Teknomineral Vol. 1 No. 2

Bachri, S. 2014. ‘Pengaruh Tektonik Regional Terhadap Pola Struktur dan Tektonik Pulau Jawa’. Bandung :

J.G.S.M Vol.15 No. 4.

Badan Pusat Statistik. 2020. ‘Kabupaten Blora Dalam Angka 2020’, Blora : Publikasi BPS Kabupaten Blora. Badan Pusat Statistik. 2020. ‘Provinsi Jawa Tengah’. Semarang : Publikasi BPS Provinsi Jawa Tengah.

Bienawsski, Z. T.1989. Engineering Rock Mass Classification. Canada : John Willey and Sons, Inc.

Indrarini, W.F., dan Setiawan, A. (2017). ‘Pemodelan Struktur Bawah Permukaan 3D Purwokerto dan Sekitarnya Berdasarkan Data Anomali Gravitasi Bouguer Lengkap’. Jurnal Fisika Indonesia. https://doi.org/10.22146/jfi.27089.

Kadar, D., dan Sudijono. 1993. Peta Geologi Lembar Rembang, Jawa.

Kusuma, W.B. 2018. ‘Studi Geologi di Sukolilo, Blora, Jawa Tengah : Potensi Bahan Tambang dan Pemetaan

Geologi’. Forum Teknologi Vol. 8 No. 3.

Laksono, F.T., Gumilar. R., Rahman, W.N., Paramita, L.A.G., dan Louis, L.T. 2020. ‘Analisis Zona Resapan dan Keluaran Air Tanah di Desa Kutayu, Kabupaten Brebes’. Purwokerto : Dinamika Rekayasa Vol.16 No.2.

Laksono, F.T. 2021. ‘Pemetaan Geologi Daerah Godan dan Sekitarnya, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah’. Puwokerto : Universitas Jenderal Sudirman.

Nur A.D., dan Trisna, B.N. 2019. ‘Gibek :Aktivitas Ilegal Pertambangan Batukapur dan Dampak Ekologi di

Kabupaten Blora’. Semarang : Jurnal Solidarity.

Nurjazuli., Hanan, L.D., & Asty A.B. 2018. ‘Analisi Spasial Kejadian Filariasis di Kabupaten Demak Jawa

Tengah’. Semarang : Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.

Pirenaningtyas, A., Muryani, E., dan Santoso, D.H. 2020. ‘Teknik Rekayasa Lereng Untuk Pengelolaan Gerakan Massa Tanah Di Dusun Bengle, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah’. Yogyakarta : Jurnal Geologi.

Pulunggono, A., & Martodjojo, S. (1994). ‘Perubahan Tektonik Paleogen - Neogen Merupakan Peristiwa

Terpenting di Jawa’. Proceedings Geologi Dan Geotektonik Pulau Jawa.

Romana, M., Jose B.S., & Enrique, M. 2003. ‘SMR Geomechanics classification : Application, experience and

validation’. Valencia : ISRM.

Salindeho, L.M., Diah, W.A., Sugeng, P., & Zakim, N. 2020. ‘Analisis Mikrofosil Desa Dagangan dan Wukirharjo Kabupaten Tuban Cekungan Jawa Timur Utara’. Surabaya : SEMITAN II Vol. 2 No.1.

Setyawan, R., Hakim, A., Sulestianson., A., Bagaskara, A. A. S., Febyani, F., Sutandiono, H. A.-S., Napitupulu,

K. J., & Nurjayanti, N. (2020). ‘Variasi dan Sebaran Litologi Batugamping di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jwa Tengah’. Jurnal Geosains Dan Teknologi. https://doi.org/10.14710/jgt.3.1.2020.42-51.

Widodo, D.B, Budianto, dan Rauf A. 2015. ‘Penentuan Zona Perizinan Pertambangan Non Logam dan Batuan di Kabupaten Blora Bagian Selatan Provinsi Jawa Tengah’. Jurnal Teknologi Pembangunan Vol 1 : 12-18.

Wicaksana, I. (2018). ‘The Problematical Solution Of Shale gas Explitation As Alternative Energy For National

Independent Oil And Gas’. https://doi.org/10.29118/ipa.0.13.se.030.

Widiarso D.A, Iatiqomah A.K, dan Ajiditya P. 2017. ‘Penentuan Potensi Sumberdaaya Batu Gamping Sebagai Bahan Baku Semen Daerah Gandu dan Sekitarnya, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah’. Semarang : Jurnal Teknik.

Van Bemmelen, R.W. 1949. The Geology Of Indonesia Vol. IA. Government Printing Office, The Hague




DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v14i1.10181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH MTG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.