IMPLEMENTASI SISTEM KOMPUTER YANG LEBIH MAJU PADA PEMASANGAN VERTICAL DRAIN, STUDI KASUS CAI MEP INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL PROJECT, DI VIETNAM

Agfiedjoemiedhal Agfiedjoemiedhal

Abstract


Pada proses pemasangan Vertical Drain (PVD), umumnya pengumpulan data masih dilakukan secara manual, seperti untuk pencatatan kedalaman Vertical Drain secara manual dengan melihat tanda yang ditera pada mandrel dan diberi skala pada rumah mandrel (housing mandrel) dengan skala jarak 10 centimeter, data yang dihasilkan dicatat pada kertas formulir.
Penggunaan sistem komputer pada proses pemasangan Vertical Drain, telah mulai di era 90’an, ketika itu output data dari komputer yang diperoleh masih sederhana, berupa beberapa jenis saja dan memakan waktu lama pada saat proses data menjadi informasi.
Seiring berjalannya waktu, sistem komputer yang dipakai sekarang pada pemasangan Vertical Drain semakin lebih maju dan dapat memberikan lebih banyak informasi. Setelah selesai proses pemasangan, bisa langsung didapatkan informasi siap pakai yang dapat di simpan dan kemudian bisa dicetak langsung sebagai laporan.
.
Kata Kunci : vertical drain, sistem komputer pada alat vertical drain, pvd



DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v3i2.212

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jmtg.v3i2.212.g173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.