POTENSI BATUBARA DAERAH LONG BAGUN KABUPATEN KUTAI BARAT, KAL-TIM

Binner Joni A.Situmorang

Abstract


Lokasi penelitian terletak 25 km di sebelah timur kecamatan Long Bagun, secara geografis terletak UTM 309000 mE – 327000 mE dan 49000 mN – 64000 mN dan secara administratif terletak di deaerah Sungai Medang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.
Stratigrafi daerah telitian termasuk kedalam Cekungan Kutai yang tersusun oleh lithologi batuan sedimen klastik dan sedimen organik. Formasi Batubelah yang merupakan batu gamping klastik yang kaya akan fosil, Formasi Ujoh Bilang yang terdiri dari batulempung dan batupasir, Formasi Batu Ayou yang terdiri dari batulempung dan batubara, Formasi Batu Kelau yang terdiri dari batupasir dan batulempung, dan Formasi Haloq yang terdiri dari batulempung, batupasir, lignit dan batubara.
Hasil pengukuran pada daerah telitian penyebaran batubara berarah baratlaut – tenggara pada bagian utara dan berarah baratdaya – timurlaut pada bagian tenggara daerah telitian. Penyebaran batubara dominan dikontrol oleh struktur berupa patahan dan lipatan yang menyebabkan formasi-formasi pada daerah telitian berbentuk seperti lingkaran seperti Formasi Ujoh Bilang, Formasi Batu Kelau, Formasi Batu Ayou dan Formasi Haloq. Dari hasil pengamatan batubara di daerah telitian pada Formasi Batu Ayou dan Formasi Haloq diketahui batubara pada bagian utara cenderung lebih tipis daripada bagian selatan.



DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v5i1.237

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jmtg.v5i1.237.g199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.